Asah Nilai Religi dan Empati Sosial Lewat Kurban

MALANG- Semarak perayaan Idul Adha terlihat di SMPN 14 Malang, Jum’at (26/10) kemarin. Mulai siswa, guru, orang tua hingga warga sekitar berbaur penuh keakraban melaksanakan kegiatan dalam rangka memeringati hari raya kurban itu. Diawali salat Idul Adha hingga penyembelihan dan pembagian hewan qurban pun sukses dilaksanakan.
Menurut Kepala SMPN 14, Budi Santoso ada beberapa nilai yang bisa ditanamkan kepada siswa melalui berkurban. Di antaranya nilai religi dan empati social.
“SMPN 14 Malang ini adalah sekolah yang mengunggulkan pendidikan karakter, sehingga tidak hanya IT dan skill siswa saja yang diasah tapi juga kepribadian mereka,” ungkapnya.
Budi menuturkan SMPN 14 adalah sekolah yang memberikan program layanan plus kepada siswa, yaitu pembentukan karakter serta religi, budi pekerti, mandiri serta disiplin, dan layanan IT serta bahasa Inggris. Kegiatan perayaan Idul Adha adalah bagian dari pendidikan karakter yang dikembangkan di sekolah.
”Karakter berbasis religi ini sangat penting sebagai dasar pijakan bagi pengembangan karakter siswa,” tegasnya. Ia mengaku bangga dengan kebersamaan yang terbangun melalui kegiatan perayaan Idul Adha kemarin. Dimana seluruh guru, orang tua dan siswa sangat kompak dan terlibat dalam semua kegiatan yang sudah dicanangkan.
Sementara itu Waka Kesiswaan, Susilo menjelaskan tahun ini sekolah berhasil menghimpun hewan kurban sebanyak tiga ekor sapi dan lima ekor kambing. Diantara hewan kurban tersebut ada yang merupakan hasil patungan siswa, guru dan juga orang tua. Daging kurban dibagikan kepada siswa yang kurang mampu dan juga warga sekitar sekolah.
”Target kami tahun ini bisa membagikan sekitar 750 kantong kepada masyarakat yang membutuhkan,” bebernya. Sementara itu Waka Kurikulum, Khusnul Khotimah menambahkan selain agenda Jum’at pagi kemarin, sebelumnya siswa dan guru juga menggelar takbir bersama di Masjid Miftakhul Jannah SMPN 14.  ”Siswa sangat antusias bahkan yang siswa laki-laki tidur di sekolah usai takbiran bersama,” imbuhnya.(oci/eno)