TK Islam Sabilillah Sukses Gelar Manasik Haji

MALANG - Sedikitnya 300 siswa TK Kamis (25/10) lalu mengikuti latihan manasik haji yang digelar di halaman masjid Sabilillah. Acara yang digelar TK Islam Sabilillah (TKIS) ini juga diikuti siswa dari TK ABA 13 dan Al Muttaqien. Istimewanya lagi, manasik yang digelar bersamaan dengan agenda wukuf di Arafah itu dibimbing langsung oleh KBIH Sabilillah yang sudah berpengalaman.
“Wukuf dilaksanakan untuk berdoa kepada Allah meminta ampunan. Wukuf artinya berdiam diri untuk melaksanakan ibadah haji, dan dilaksanakan di padang Arafah ya seperti ini suasananya,” ujar Gus Anas Basori dari KBIH Sabilillah.
Latihan manasik haji ini diawali dengan kedatangan jamaah haji yang terdiri dari siswa TK di tiga sekolah tersebut. Dan bertugas sebagai ketua rombongan adalah para guru dan juga orang tua siswa. Sehari sebelumnya orang tua wali murid TKIS yang tergabung dalam forum Forum Komunikasi Pengembangan Lingkungan Edukatif (FKPLE) juga sudah dilatih supaya bisa memandu dengan benar.
Setelah rombongan siswa yang sudah mengenakan baju ihram memasuki serambi masjid, mereka pun serempak melakukan wukuf. Dengan dibimbing guru, mereka berdoa dan menggemakan kalimat talbiyah, Labbaik Allahumma labbaik, dan seterusnya. Setelah itu siswa mendapatkan kerikil kecil untuk melakukan ibadah lempar jumroh. Mereka pun terlihat senang meski matahari mulai menyengat.
”Melalui kegiatan ini anak-anak dikenalkan keutamaan haji sejak kecil, dan mereka bisa memahami rukun Islam yang ke lima ini,” ujar Syifa’.
Karena halaman masjid Sabilillah disetting seperti suasana Kota Mekah yang sesungguhnya, seluruh peserta pun terlihat puas. Meskipun ada beberapa rukun haji yang tidak dilakukan secara penuh seperti saat tawaf yang dipersingkat mengingat pesertanya adalah anak-anak.
Menurut Syifa’, kegiatan manasik haji secara bersama-sama dengan mengundang lembaga lain baru dilaksanakan tahun ini. Sebelumnya agenda manasik digabung antara siswa TK dan SD. Setelah manasik haji, rencananya Sabtu hari ini akan dilaksanakan penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian kepada warga yang tidak mampu. Dalam agenda ini juga akan ada pembelajaran anatomi kambing secara sederhana kepada siswa TKIS. (oci/sir/eno)