SMA Islam Sukses Peringati Idul Adha

MALANG – Segenap warga SMA Islam di Jalan Kartini sukses menggelar peringatan hari raya Idul Adha dengan melaksanakan salat id dan menyembelih enam ekor kambing dan tiga ekor sapi. Agenda tersebut digelar di sekolah Jumat (26/10) lalu.
Bertindak sebagai imam salat dan khotib adalah Ustad Faiz M.Pd yang dalam tausiyahnya menyampaikan hikmah idul kurban yang diaktualisasikan sebagai bentuk kesadaran seseorang untuk selalu berbagi dan memahami arti sebuah kebersamaan. Kepada  jamaah Faiz menegaskan pentingnya mempelajari pendidikan berkurban seperti yang diajarkan Nabi Ibrahim dan putranya nabi Ismail.  “Ketaatan kepada Allah harus diutamakan dari kecintaan kita kepada yang lainnya,” jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala SMA Islam Kota Malang Drs.Sularto,M.Pd mengatakan, kegiatan penyembelihan hewan kurban dilakukan agar dapat memberikan contoh kepada siswa dan suri tauladan yang baik mengenai mulianya berkurban.
Pengetahuan akan makna berkurban menjadi sebuah harapan agar siswanya dapat benar-benar mengaktulisasikan dirinya seperti apa yang diajarkan para Nabi terdahulu. Menurut Larto momen Idul Adha  juga dapat dijadikan ajang untuk membangun kebersamaan dalam mewujudkan ketakwaan kepada Allah melalui berbagai kegiatan ibadah seperti shalat berjamaah dan berkurban.
“Berbuat kebajikan akan mendatangkan berkah tersendiri bagi yang melaksanakan,” katanya.
Ia menuturkan ikhlas merupakan tujuan utama yang mejadi kunci diterimanya amal perbuatan  seseorang. Selain itu berkurban dapat menambah wawasan tentang pendidikan yang besifat keagamaan terhadap siswa dengan mengambil pelajaran mengenai makna berkurban. Di antaranya membersihkan diri, belajar berbagi dengan orang lain yang kurang mampu, dan sebagai bentuk introspeksi diri agar jangan terlalu tamak tehadap segala sesuatu.
Dijelaskannya, dana untuk pembelian hewan kurban bersumber dari kepala sekolah, guru-guru dan siswa yang bersifat sukarela. Daging kurban didistribusikan kepada warga kurang mampu dan masyarakat fakir miskin di lingkungan sekolah selain juga dibagikan kepada siswa-siswi sendiri.(imm/sir/eno)