Madrasah Terpadu Gelar Pawai Bersama

MALANG – Demi memeriahkan Hari Sumpah Pemuda, kemarin Madrasah Terpadu Kota Malang yang terdiri dari MIN Malang 1, MTsN 1 Malang dan MAN 3 Malang menggelar acara pawai budaya bangsa secara bersama-sama.
Berbagai macam pakaian adat, budaya dan atribut militer menjadi pilihan siswa. Kepala MAN 3 Malang, Drs.Ahmad Hidayatullah,M.Pd mengatakan, acara itu digelar untuk memperkuat hubungan antar madrasah agar terus berkembang dan menunjukkan prestasi sebagai keterpaduan madrasaha yang berkualitas.
“Dari situlah kita mulai kesatuan ini dengan kegiatan formal seperti pawai yang baru kita laksanakan bersama,” kata Ahmad seusai acara. Ia berharap dengan kegiatan pawai bersama ini menjadi sebuah permulaan untuk melangkah dalam mewujudkan keterpaduan sistem yang lain agar tercipta sebuah konsep pendidikan yang memiliki kapasitas keilmuan yang tinggi. Misalnya memadukan kurikulum yang berjenjang dari tingkat bawah ke tingkat dasar hingga menengah ke atas.
Ia yakin jika hal itu dapat direalisasikan Madrasah Terpadu Kota Malang akan menjadi contoh sistem pendidikan nasional dalam melahirkan generasi yang berkualitas dalam segala bidang. “Bahkan tingkat perguruan tinggi pun kita upayakan nanti agar menjadi sebuah kesatuan yang bagus,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala MIN Malang 1, Abdul Mughni,S.Ag M.Pd mengatakan jiwa nasionalisme harus ditanamkan sejak dini. Pendidikan dan pembejaran kecintaan terhadap bangsa adalah upaya penting dalam menumbuhkan jiwa patriotisme.(imm/nin/eno)