SD Plus Al-Kautsar Sembelih 25 Kambing

MALANG – Memperingati hari raya Idul Adha, SD Plus Al-Kautsar menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban Sabtu (27/10) lalu. Sebanyak 25 kambing dipotong dan dibagikan pada warga sekitar sekolah. Ketua pelaksana acara, Fahrudin Rif’an. Amd mengatakan dengan kegiatan Idul Adha ini pihaknya ingin menanamkan semangat berkurban dengan keikhlasan yang menandakan ketaatan terhadap Allah. Sehingga siswa dapat mengetahui arti berkurban dan pelaksanaannya.
Menurut Rif’an, sebagai lembaga yang selalu memerhatikan nilai-nilai keimanan dan sosial siswa-siswinya, SD Plus Al-Kautsar tidak menyia-nyiakan momen Idul Adha 1433 Hijriah kali ini untuk memperkuat jiwa sosial mereka dengan berbagi daging hewan kurban.  
"Mudah-mudahan kegiatan kurban hari ini, dapat memberikan pendidikan yang baik kepada siswa, sehingga mereka faham apa itu kurban," harapnya.
Sementara Kepala SD Plus Al-Kautsar, Dhiah Saptorini,M.Pd mengatakan momen Idul Adha memberikan muatan pendidikan yang tidak jauh dari nilai-nilai sosial. Berbuat baik kepada orang lain dengan saling berbagi dan menghargai menjadi upaya pembinaan yang selalu diterapkan sekolah.
Menurutnya, momentum Idul Adha merupakan salah satu kesempatan dimana para siswa dapat mengamalkan ilmu yang telah mereka pelajari di sekolah. Oleh karena itu dirinya memberikan kebebasan kepada siswanya untuk memaknai setiap hikmah yang terkandung di dalamnya.
“Mereka boleh memaknai idul adha sebagai ajang membeli dan menyembeli hewan, berbagi kepada orang lain atau makna yang lainnya sesuai kadar kemampuan berpikir mereka,” jelas Rini, sapaan akrabnya. Sebab menurutnya setiap anak khususnya sekolah tingkat dasar tidak semuanya mengerti pembelajaran Idul Adha utamanya kelas 1 dan 2 karena memang belum sampai pada pemahaman secara mendetail materi itu. Oleh karenanya dengan memberikan kebebasan berpikir ia yakin siswanya dapat dengan mudah memahami pendidikan dari kurban itu sendiri. (imm/sir/eno)