Mahasiswa FISIP UB Kunjungi Dua Koperasi Susu

MALANG- Kekuatan ekonomi yang tumbuh melalui organisasi koperasi menarik minar mahasiswa jurusan Sosiologi  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB). Pada hari Selasa (30/10), sebanyak 53 mahasiswa Peserta Mata Kuliah Sosiologi Organisasi Kelas B EKO 5 berkunjung ke dua koperasi susu. Yaitu Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung Purwosari dan Koperasi Peternak Susu Sapi (KPSP) Setia Kawan Nongkojajar  Pasuruan. Kegiatan ini digelar sebagai persyaratan Ujian Tengah Semester dan sarana menambah wawasan dan memperkuat soft skill mahasiswa.
“Dengan outbond seperti ini ternyata lebih mudah memahami problematika masyarakat, menyenangkan, dan menumbuhkan kreativitas,” ungkap mahasiswa FISIP UB yang juga Sekretaris Pelaksana Riris Dwi Setianing kepada Malang Post.
Peserta outbond, Elvia Rizka dan Bestari Eka Nurmei memiliki harapan yang sama agar tiap mata kuliah ada kuliah diluar kelas. Sehingga kreativitas positif mahasiswa terpacu dan berharap setelah lulus mampu bersaing di dunia kerja.
Bestari Eska Nurmei, mahasiswa yang mengatur jadawl kuliah lapang tersebut berpendapat selama ini hampir seluruh dosen memilih untuk mengadakan proses belajar di dalam kelas, dengan tugas terstruktur ataupun ujian tulis.“Kami sangat mengapresiasi model belajar yang tidak umum seperti ini,” ungkapnya.
Kegiatan ini dimotori oleh Rosita Nurmala Husay sebagai Bendahara Utama, Elvia Rizka Ali sebagai divisi Media dan Publikasi, Iga Mawarni sebagai Divisi Konsumsi.
Rombongan diterima langsung oleh Sekertaris dan Pengurus KPSP Sekar Tanjung H. Harianto dan Wempi selaku General Manager PKIS Sekar Tanjung. Mereka pun memanfaatkan kesempatan berharga itu untuk menggali informasi kepada para staf industri tersebut.
Menurut dosen pembimbing mata kuliah Sosiologi Organisasi, Drs. Dwi Sulistyo, MPA, yang ikut mendampingi kuliah lapangan KPSP ini dipilih sebagai tempat belajar mahasiswa karena merupakan koperasi primer yang berhasil. Selain itu selama ini ada kesan orang menyepelekan koperasi, sementara fakta dilapangan ada koperasi yang mampu memiliki pabrik sendiri seperti Pusat Koperasi Industri Susu Sekar Tanjung. Fakta lain, karena Susu merupakan konsumsi publik yang dapat menjadi produk unggulan. Walaupun koperasi hanya bagian kecil dalam sistem ekonomi tetapi justru paling penting dalam kehidupan masyarakat. Peran Ilmu Sosiologi Organisasi menurutnya sangat penting dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat.  
Dwi menambahkan selain belajar mengenai organisasi, mahasiswa juga banyak belajar mengenai entrerpeneur. Hal ini sesuai dengan karakter UB sebagai Enterpreneur University dan sesuai pula dengan jamannya yaitu era digitalisasi dan era global. Dimana setiap kreativitas positif mahasiswa wajib difasilitasi. (oci/sir/nug)