300 Guru Bakal Ikuti UKG Tahap

MALANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang akan menggelar  Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahap 3 dalam waktu dekat.
“Di kota Malang masih ada 300 guru yang belum mengikuti UKG tahap 1 dan 2. Ada yang berhalangan karena sakit, ada tugas ke luar kota, umroh, maupun naik haji. Paling banyak guru yang tidak ikut UKG karena jadwalnya bentrok dengan ibadah haji,” ujar Jianto, Kasi Fungsional Tenaga Kependidikan Dikbud Kota Malang.
Waktu pelaksanaan UKG Tahap 3 ini tidak dilakukan secara serentak seperti tahap sebelumnya. Dikbud Kota Malang langsung berkoordinasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur untuk menggodok persiapannya. LPMP Jawa Timur saat ini masih menunggu UKG yang digelar di kota dan kabupaten se-Jawa Timur selesai. Karena saat ini masih ada beberapa daerah yang masih melaksanakan UKG.
“Untuk waktunya belum pasti karena masih berkoordinasi sekitar bulan November akan kami laksanakan. Kalau LPMP sudah siap, paling lambat UKG digelar Desember. Karena kami juga masih menunggu guru yang tahun ini beribadah haji. Target kami guru yang sudah sertifikasi sebelum 2012 kami targetkan sudah mengikuti UKG semuanya,” tambahnya.
 Tidak berbeda dengan UKG tahap sebelumnya, tempat uji kompetensi (TUK) akan dilaksanakan di tujuh sekolah yakni SMAN 1, SMAN 4, SMAN 5, SMKN 4, SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 5. “Untuk pelaksanaannya karena jumlah pesertanya hanya sedikit, akan dilakukan dalam satu hari saja,” tuturnya.
Ia menambahkan, untuk guru yang sertifikasi pada tahun 2012 akan mengikuti UKG pada tahun 2013. Hal ini disebabkan guru tersebut  belum memenuhi kelengkapan administrasi. “Guru yang sertifikasinya 2012 baru akan mengikuti UKG tahun 2013. Anggarannya juga masih proses untuk UKG tahun depan,” tandasnya. (nin/eno)