Mahasiswa UGM Juara Lomba Essay Nasional

MALANG – Edi Kusmawan, Mahasiswa Universitas Gajahmada berhasil menyabet juara satu Lomba Essay Nasional dengan tema ‘Pemuda sebagai Driver Futuritas Bangsa’ yang digelar Mahasiswa Peneliti dan Penulis Produktif (MP3) Divisi Penalaran Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang kerjasama dengan Malang Post.
Mika Nur Cahyanti, Koordinator Sub Divisi Penalaran BEM FIP UM menjelaskan,  antusias peserta baik kategori SMA dan mahasiswa sangat luar biasa. Buktinya peserta yang mengikuti lomba ini tidak hanya berasal dari Jawa Timur saja, tapi Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan, dan Sumatera.   
 ‘’Kami sangat apresiatif atas antusias peserta yang mengikuti lomba ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada dewan juri, baik dari Bapak Karkono, dosen Sastra Indonesia UM dan Malang Post yang sudah bekerja keras menyeleksi ratusan naskah yang masuk. Semoga kegiatan ini semakin menumbuhkan kecintaan mahasiswa dan pelajar terhadap dunia tulis menulis di masa yang akan datang,’’ ungkap Mika kepada Malang Post.
Dijelaskan Mika, untuk juara satu berhak mendapatkan uang tunai Rp 1 juta, juara kedua Rp 750 ribu dan juara ketiga Rp 500 ribu. ‘’Untuk juara dua dimenangkan oleh pelajar dari Samarinda, sedangkan juara ketiga dimenangkan oleh mahasiswa dari Universitas Padjajaran Bandung,’’ jelasnya.
Untuk para pemenang, utamanya sepuluh besar sudah diumumkan sejak Senin (29/10) sore lalu di http://mp3fip.um.ac.id. Pendaftaran lomba ini dibuka mulai 24 September – 13 Oktober 2012. Pengumpulan naskah essay 1 – 13 Oktober 2012. Dan penilaian dilakukan mulai 15 – 28 Oktober 2012. Dan 29 Oktober lalu hasil lomba diumumkan.(lim)