Ratusan Guru dan Karyawan Berkompetisi di Ikuti Pergukar

MALANG - Bukan hanya murid saja yang bersemangat mengikuti kompetisi olahraga. Guru dan karyawan sekolah juga tak mau kalah. Seperti yang terlihat kemarin (31/10), ratusan guru dan karyawan SMA, SMK, dan MA se-Kota Malang mengikuti Pekan Olahraga Guru dan Karyawan (Pergukar) 2012. Perlombaan yang digelar di SMAN 8 itu digelar sejak Senin (29/10) hingga Sabtu (3/11) mendatang.
Ratusan guru dan karyawan yang kesehariannya di sekolah mengerjakan tugas akademik serta administrasi itu bersemangat mengikuti berbagai perlombaan. Ada lima cabang olahraga yang dilombakan yakni basket, voli, bulu tangkis, tenis meja, dan catur.
Kegiatan yang digelar seusai jam kerja itu mengundang antusiasme peserta. Suasana siang yang cukup terik seakan tidak dirasakan oleh peserta lomba olahraga di luar ruangan seperti basket dan voli. Guru dan karyawan ini beradu kekompakan untuk memenangkan pertandingan.
Salah satu lomba yang menarik adalah lomba catur. Lomba catur ini diikuti pria dan wanita yang dipilih secara acak dalam satu pertandingan. Perlombaan catur menggunakan format Swiss yakni terdiri dari dua babak. Babak pertama terdiri berdurasi satu jam. Sedangkan babak II menggunakan perhitungan waktu.
”Saya belum pernah mengikuti lomba catur, kalau di rumah hanya sekedar hobi,” ujar Sri Wahyuani guru SMKN 2. Sri menambahkan, kekalahannya dalam lomba catur kemarin karena sejak awal sudah kalah strategi.
Porgukar adalah agenda tahunan guru dan karyawan SMA, SMK, dan MA se-Kota Malang. ”Porgukar sudah digelar empat tahun terakhir,” ujar M. Slamet salah satu panitia. Slamet menambahkan, Porgukar digelar untuk meningkatkan kerjasama tim dan bersilaturahmi dengan guru dan karyawan dari sekolah lain. Pemenang perlombaan ini akan mendapatkan piala dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang serta uang pembinaan. (nin/eno)