Eropa Krisis, Indonesia Makin Seksi

MALANG - Krisis ekonomi yang melanda Eropa semakin membuat Indonesia seksi di mata dunia. Kekayaan alamnya yang luar biasa, semakin menjadi daya tarik investor asing yang ingin menggandeng Indonesia.
Hal ini diungkapkan Pakar Finansial dari Universitas Padjajaran Bandung, Errie Febrian Mattaro saat menjadi pembicara dalam kuliah tamu yang digelar Pascasarjana STIE Malangkucecwara Malang (ABM), Jum’at(2/11).
”Bahkan Indonesia diprediksikan akan menjadi lima besar dunia karena memiliki sumber daya alam yang luar biasa,” ungkapnya.
Dijelaskannya, negara-negara Eropa adalah negara yang hanya mengandalkan kekuatan bisnis jasa sehingga saat krisis terjadi maka kehancurannya pun luar biasa hebatnya. Berbeda dengan negara yang memiliki kekayaan alam sebagai modal ekonominya.
Kekuatan Asia pun sudah terbukti saat ini, dimana hebatnya krisis Eropa tidak berdampak pada negara di Asia. Sebab kata dia, negara Asia banyak belajar dari krisis tahun 1997. Sejak itulah negara Asia menjadi berhati-hati dan kebal dengan badai krisis Amerika.
”Para akademisi pun banyak yang menyatakan kekaguman dengan kekuatan orang-orang Asia,” ujarnya.
Karena itu pula, sambungnya, tidak heran kalau saat ini banyak orang Eropa yang berbondong-bondong datang ke Indonesia. Namun di sisi lain pemerintah juga harus berhati-hati dengan jebakan hutang luar negeri. ”Jangan sampai kekayaan alam Indonesia dikuasai asing gara-gara hutang luar negeri, jangan terjebak dengan ekonomi kapitalis” tukasnya.
Sementara itu Direktur Pascasarjana ABM, Nevi Danilla menuturkan seminar ini digelar dengan harapan membuka wawasan dosen maupun mahasiswa pascasarjana ABM terkait isu mengenai krisis keuangan yang terjadi di negara Eropa. Termasuk kemungkinan berdampak pada negara Indonesia.
”Seminar knowledge management ini kami lakukan secara berkala untuk dosen dan mahasiswa ABM,” bebernya.(oci/eno)