Ikut Job Fair ? Kuasai IT Dulu

MALANG - Kemarin (2/11) ribuan lulusan perguruan tinggi membanjiri Job Placement Center (JPC) Job Fair Universitas Brawijaya (UB). Selain mencari lulusan S1 dan S2, perusahaan yang mengikuti job fair juga membidik lulusan vokasi. Ada pemandangan yang unik dari pelaksanaan job fair kemarin. Puluhan computer tablet terlihat memenuhi salah satu meja panitia.
Ya, semua peserta yang ikut job fair harus melakukan registrasi menggunakan computer tablet yang sudah disediakan.
Job fair yang digelar di Gedung Samantha Krida UB ini diikuti 35 perusahaan nasional. Ribuan lowongan pekerjaan dibuka dan perusahaan langsung menyeleksi calon karyawan. Kebanyakan perusahaan sudah menerapkan sistem pendaftaran secara online. Bahkan, ada perusahaan yang menyediakan belasan tablet untuk melakukan registrasi.
Kendati diselenggarakan UB, tetapi Job Fair yang digelar dua hari sejak Kamis (1/11) hingga Jumat (2/11) juga terbuka untuk umum.
“Adanya job fair akan memudahkan bagi kami karena hanya membuat lamaran saja. Lebih efisien karena banyak perusahaan yang ikut,” ujar Adhek Irma Lulidya salah satu pengunjung job fair. Dikatakan alumni fakultas Ekonomi UB ini, job fair ini memudahkan karena langsung bertemu dengan HRD dari berbagai perusahaan. “Nanti tinggal menunggu panggilan saja,” katanya.
Pada job fair kemarin pengunjung yang ingin mendaftar di perusahaan bisa langsung menyerahkan persyaratan administrasi. Ada juga yang sekaligus melakukan tes wawancara. “JPC adalah lembaga milik UB yang membidangi perekrutan alumni. Tetapi kami juga terbuka untuk umum,” ujar Prof. Suyadi, Direktur HPC. Dikatakan Suyadi, job fair merupakan agenda rutin yang dilakukan JPC.
“Kami ingin mendekatkan perusahaan kepada alumni. Biasanya alumni harus mencari lowongan-lowongan di tiap perusahaan. Tetapi dengan adanya job fair seperti ini akan lebih memudahkan alumni,” beber dosen peternakan ini.
Dikatakan Suyadi, lowongan pekerjaan yang dibuka masih didominasi bidang ekonomi dan teknik. Dari job fair yang digelar tahun-tahun sebelumnya, ribuan  tenaga kerja berhasil direkrut berbagai perusahaan.
“Ke depannya JPC UB bukan hanya mengagendakan job fair saja tetapi memiliki program pelatihan karakter untuk para calon tenaga kerja yang bekerjasama dengan perusahaan,” kata pria ramah ini. Dikatakannya program tersebut meliputi pendaftaran, tes potensi dasar, tes psikologi, dan tes kesehatan.(nin/eno)