82 Tim Beradu di Olimpiade Ekonomi Nasional

MALANG- Demi memacu semangat berkompetisi dalam bidang ekonomi siswa SMA, Sabtu (3/11) lalu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang (UM) menggelar olimpiade ekonomi nasional. Olimpiade yang diikuti siswa seluruh Indonesia ini digelar di Gedung Fakultas Ekonomi UM.
Sebanyak 82 tim beradu dalam babak penyisihan akhir pekan kemarin. Soal-soal ini meliputi kemampuan ekonomi makro dan mikro. Setiap tim terdiri dari dua siswa yang ditantang mengerjakan soal dalam dua sesi. Setiap sesi terdiri dari 100 soal objektif. Enam peserta dengan jumlah nilai tertinggi akan melaju ke babak semifinal yang digelar 13 Nopember mendatang. Olimpiade nasional ini akan memperebutkan uang pembinaan dan piala Kemendikbud dan Piala Rektor UM.
”Ada empat tim dari sekolah saya yang mengikuti olimpiade ini. Sebelumnya saya sudah pernah ikut, tetapi tingkat regional,” ujar Dita Andriyani peserta dari SMAN 7 Mataram. Siswa yang akrab disapa Dita ini menuturkan ia berharap dapat memenangkan olimpiade ini. ”Agak grogi, tetapi di sekolah sudah mendapat bimbingan,” katanya.
Dalam olimpiade yang berlangsung cukup ketat ini, siswa dari masing-masing tim berdiskusi untuk memecahkan soal yang diberikan panitia. Pada babak awal, peserta mengerjakan soal subjektif. Babak semifinal terdiri dari babak adu cepat tepat, bergilir, dan soal strategi.
”Kalau tahap awal peserta mengerjakan soal ekonomi makro dan ekonomi mikro. Tetapi kalau babak final nanti peserta ditantang untuk analisis data, presentasi, dan pemecahan kasus,” ujar Wawan Presetyo Ketua Panitia.
Dikatakannya, olimpiade ekonomi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap permasalahan pembangunan ekonomi di daerah masing-masing. ”Soal yang diberikan juga berhubungan dengan permasalahan pembangunan ekonomi di daerah. Selain itu juga untuk memacu kreativitas dan inovasi siswa dalam memecahkan masalah,” pungkasnya. (nin/nda)