Chef Marinka Terkesima Kreativitas Mahasiswa Tata Boga UM

MALANG- Kalau biasanya Chef Marinka menjadi juri dalam acara Master Chef Indonesia, kemarin ia menjadi juri di Universitas Negeri Malang (UM). Sebanyak 68 produk karya mahasiswa yang ditampilkan dalam Gelar cipta boga 2012 dicicipi oleh chef jebolan Australia itu. Dalam ajang tahunan kali ini mahasiswa menampilkan aneka olahan hasil laut.
Acara yang digelar mahasiswa D3 dan S1 Tata Boga UM kemarin dihelat meriah di Gedung Graha Cakrawala (Graca) UM. ”Saya kaget juga melihat kreativitas mereka, dan menurut saya produk yang dibuat sudah layak dipasarkan,” ungkap Marinka.
Hanya, kata dia, pengalaman dan latihan terus menerus untuk menyempurnakan produk yang dihasilkan juga sangat perlu sebelum mahasiswa memilih memasarkannya.
Selain didaulat untuk menjadi juri, Chef bertubuh mungil ini pun mendemokan dua resep yang juga bertemakan seafood. Yaitu Seawed Salad dan Paella. Resep masakan Jepang dan Spanyol itu dimodifikasinya dengan menggunakan aneka bumbu dapur khas Indonesia.
Sembari memasak di hadapan peserta dan undangan yang hadir, Marinka juga melayani berbagai pertanyaan yang dilontarkan untuknya. Mulai dari hobi memasaknya, hingga aktivitasnya menjadi juri di Master Chef Indonesia.
Gelar Cipta Boga 2012 adalah ajang tahunan yang diselenggarakan mahasiswa sebagai tugas mata kuliah. Tahun ini tema hasil laut sengaja dipilih agar mahasiswa bisa berkreasi dan menampilkan karya baru dalam olahan pangan. Dan terbukti mereka sangat kreatif dan inovatif memilih produk. Seperti tiwul kupang, abon ikan pari, hingga rambak kulit bandeng.
Pembantu Rektor 1, I Wayan Dasna berpendapat produk mahasiswa ini bisa memberikan nilai tambah pada hasil laut di Indonesia. Karena itu ia mendukung jika ada yang ingin menyeriusinya dengan menjual di pasar.  Sementara Dekan FT UM, Dr Waras Kamdi menuturkan kegiatan ini adalah model pembelajaran yang up to date.
”Mereka bereksperimen kemudian menemukan resep yang baru dan unik, inilah bentuk pembelajaran yang sesungguhnya,” tegasnya.
Agenda gelar cipta boga kemarin juga diisi dengan kegiatan seminar keamanan pangan dan pengembangan produk oleh dosen IPB, Dr Budi Setyawan. Menurutnya bahan seafood sebenarnya mudah diolah karena rasanya yang pasti enak. Tapi jika cara memasaknya salah maka kandungan gizi dan vitamin yang banyak terkandung dalam olahan hasil laut akan berkurang.
”Tugas mahasiswa untuk bisa membuat produk makanan yang enak dan sehat,” tegasnya. (oci/nda)