Gandeng BRI, UM Siapkan Tenaga Marketing

MALANG - Universitas Negeri Malang (UM) membuka kelas khusus kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kelas ini mengadopsi konsep pendidikan vokasi yang biasa dilakukan oleh Politeknik. Dimana mahasiswa tingkat akhir akan mendapat materi kuliah tambahan yang kurikulumnya dirancang  perusahaan dan perguruan tinggi. Menurut Pimpinan Cabang BRI Malang Marthadinata, Agus Irwanto, model kerjasama ini sangat menguntungkan bagi perusahaannya.
"Dengan kurikulum kolaborasi ini setidaknya kami bisa menyeleksi calon karyawan yang punya loyalitas. Sebab sekarang ini banyak karyawan bank yang sifatnya seperti kutu loncat," ungkapnya usai gelaran MoU dan open recruitment kemarin.
Open recruitment kemarin diikuti sedikitnya 250 mahasiswa UM dari program diploma dan sarjana. Selanjutnya akan disaring 25 mahasiswa diploma dan 25 mahasiswa S1 untuk mengikuti kelas khusus tersebut. Mahasiswa diploma dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan karyawan BRI pada bagian front liner sementara mahasiswa S1 diproyeksikan untuk bagian marketing.
Menurutnya kebutuhan tenaga kerja di BRI Kantor Wilayah Malang cukup tinggi. Tahun ini saja mencapai 600 orang.
Menurut Rektor UM, Prof Dr Suparno muatan pendidikan karakter akan menjadi salah satu materi penting yang diajarkan kepada mahasiswa program kelas khusus ini. Sehingga calon karyawan BRI yang dididik di UM memiliki loyalitas dan memiliki kompetensi profesional.
“Agar ada nilai plusnya maka selain nantinya mereka lulus mendapat ijazah juga akan mendapat sertifikat,” bebernya.
Program kelas khusus kerjasama dengan dunia usaha ini menurut Suparno bukan yang pertama di UM. Fakultas Teknik juga sudah membuka program kelas khusus bekerjasama dengan Suzuki.
“Program ini adalah jembatan memasuki dunia kerja, agar calon tenaga profesional betul-betul terpilih dengan baik sesuai potensinya,” harapnya.
Agenda MoU kemarin juga diisi dengan kegiatan kuliah tamu dengan tema ’Sukses Meniti Karir di Dunia Pendidikan’, yang disampaikan oleh Mardiwibawa S.E., M.M, Pimpinan Kantor Wilayah BRI Malang. Ia berharap  dari kegiatan ini akan menghasilkan bibit-bibit unggul yang siap untuk memasuki dunia kerja dan sukses.
Mardiwibawa menegaskan dih adapan peserta rekrutmen bahwa sangat perlu untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan handal dalam dunia kerja. “Saat ini, BRI membutuhkan orang yang mau diajak bekerjasama merangkul masyarakat demi menjaring nasabah yang luas,” ungkapnya.
Mardiwibawa juga menjelaskan ada beberapa jalur rekruitmen di Bank BRI, yaitu Program Pengembangan Staf (PPS), Resident Auditor (RA), dan  jalur Marketing. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dan para lulusan UM semakin memiliki komitmen dan kompetensi yang tinggi untuk menjadi sukses dan terbaik.(oci/eno)