Kemenag Bakal Tambah 80 MA Baru

MALANG - Untuk memacu peningkatan kualitas madrasah, Kementrian Agama (Kemenag) RI akan menambah 80 madrasah aliyah (MA) baru tahun ini.  20 di antaranya akan dibangun di Jawa Timur (Jatim).
“Angka partisipasi di tingkat MA atau setara SMA masih rendah, karena itu Kemenag akan membangun di 80 lokasi,” ungkap Kasubdit Kelembagaan Kemenag RI, Rohmat Mulyana kepada Malang Post saat melakukan verifikasi lomba madrasah nasional di MIN Malang 1 kemarin.
Jatim akan menjadi lokasi yang paling banyak akan dibangun MA baru ini sebab kebutuhan di Jatim sangat tinggi. Ia optimis keberadaan MA baru ini tidak akan kalah bersaing dengan SMA. Sebab ada program-program penyiapan SDM dan penyiapan program akademik untuk madrasah model tersebut.
Program lain dari kemenag untuk meningkatkan kualitas madrasah adalah dengan menggelar lomba madrasah tingkat nasional. Tahun ini ada 99 lembaga yang akan dinilai untuk mendapatkan gelar madrasah terbaik nasional.
”Saya sering studi banding ke sekolah Islam di luar negeri, dan harapannya pendidikan madrasah di Indonesia juga tidak kalah,” ujarnya. Menurut Rohmat kunci keberhasilan madrasah di luar negeri adalah mengembangkan hubungan yang sangat baik dan efektif antara sekolah dan orang tua.
”Saya melihat di Islamic School yang ada di Tokyo, Amerika, Australia semuanya mengembangkan hubungan efektif orang tua dan sekolah. Dan saya bangga karena semuanya sudah ada di MIN Malang 1,” bebernya. Rohmat mengakui baru kali pertama melihat madrasah terpadu itu. Dan ia mengaku speechless melihat fasilitas dan prestasi yang dimiliki lembaga tersebut.
”Saya melihat madrasah ini sudah mengembangkan antara seni dan kreativitas, dan hal itulah yang akan melahirkan anak-anak luar biasa,” pujinya. (oci/eno)