Guru dan Siswa SDIS Nikmati Studi di Australia

MALANG- Sebanyak 39 siswa dari SD bertaraf internasional (SD RSBI) se Indonesia akan menikmati studi di Australia. Tiga diantaranya dari SD Islam Sabilillah (SDIS) Malang. Tiga siswa tersebut yaitu Jihan Fudzah Zahida kelas 5A, Galuh Puspa Ramadhan kelas 5B dan Dizza Aulia Araminta kelas 4A.
”Program ini adalah program sister school Indonesia-Australia untuk mematangkan keberaan SD RSBI di Indonesia,” ungkap Humas SDIS, Isnin kepada Malang Post.
Selain program ini, menurutnya direktorat melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan SD RSBI, antara lain penyusunan petunjuk teknis terkait manajemen dan model pembelajaran SD RSBI, pembuatan film model pembelajaran bertaraf internasional, menyelenggarakan bimbingan teknis, dan pemberian bantuan sosial.
Program sister school akan dilaksanakan selama 10 hari yang dimulai pada tanggal 10 hingga 19 November. Peserta program ini berasal dari SD RSBI yaitu daerah DIY, NTB, Jawa Timur, dan Jakarta. Selain diikuti siswa, juga ada 10 guru yang dipilih melalui proses seleksi tulis, psikologi, dan wawancara. Seluruh peserta program sister school akan disebar ke lima sekolah di Melbourn, Australia. Mereka akan belajar secara kontekstual di lima sekolah tersebut dan akan tinggal di host family. Dalam program ini, guru pendamping diharapkan melakukan pengamatan terkait model-model pembelajaran, sarana pembelajaran, kegiatan siswa, maupun kegiatan sekolah lainnya. Selain itu guru wajib mengajar di sekolah sister school yang dikunjunginya. Dari SDIS, guru yang mengikuti program ini adalah Lukman, M.Pd. (oci/nda)