Belajar di Amerika Semakin Mudah

MALANG- Kemudahan untuk menempuh studi di Amerika ditawarkan oleh sejumlah universitas yang tergabung dalam US-Indonesia Joint Council on Higher Education Partnership (Dewan Kemitraan Pendidikan Tinggi Amerika Serikat-Indonesia).
“Program ini merupakan program kemitraan pendidikan tinggi antara Amerika dan Indonesia,” ungkap Managing Director Indonesia Education Partnership, Brook Williams Ross kepada Malang Post ditemui di Universitas Brawijaya (UB).
Kerjasama ini dua tahun lalu dirintis oleh Presiden Amerika dan Presiden Indonesia. Di tahun kedua ini, lanjutnya, diharapkan jumlah perguruan tinggi Indonesia yang menjalin kerjasama bisa lebih banyak. Sehingga pendidikan tinggi di Indonesia bisa terus meningkatkan kualitasnya. Kerjasama yang akan dibangun diantaranya adalah melalui penelitian bersama, publikasi ilmiah, studi lanjut dan kegiatan lainnya. Di Malang kunjungan dilakukan di dua universitas, yakni UB dan Universitas Ma Chung.
”Indonesia merupakan negara yang penting bagi Amerika, karena itu kerjasama ini akan sangat berguna sekali,” tegasnya.
Dalam kunjungan kemarin sebanyak enam orang delegasi dari berbagai universitas di Amerika Serikat. Mereka diterima secara langsung oleh Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito. Acara yang diadakan oleh International Office ini dimaksudkan untuk berdiskusi dan melakukan pendataan mengenai kemungkinan kerjasama antara UB dengan beberapa universitas.
Delegasi yang hadir dalam pertemuan tersebut terdiri atas perwakilan dari Leeward Community College, Hawaii; Miami University-Oxford, Ohio; Rutgers University-New Jersey; University of Missouri-Columbia; University of Southern California; The University of Wisconsin-Madison.
“Selama ini kami cukup kesulitan juga jika ada dosen yang studi lanjut tapi tidak bisa selesai tepat waktu. Kerjasama ini salah satunya menawarkan akan memberikan beasiswa untuk itu,” ucapnya.
Biasanya jika ada dosen yang tidak bisa menyelesaikan studi lanjut tepat waktu biayanya akan ditanggung sendiri atau disubsidi oleh kampus. (oci/nda)