Dari SMP Islam Sabilillah, ke Lima Benua

MALANG- SMP Islam Sabilillah (SMPIS) Malang memersembahkan pameran budaya internasional yang akan dibuka Sabtu (10/11) hari ini. Pameran yang digelar dalam rangka hari Pahlawan dan juga memeringati Sumpah Pemuda ini akan menampilkan segala informasi mengenai berbagai negara di lima benua. Yaitu benua Australia, Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.
”Semua informasi mengenai lima benua tersebut ada di SMP Islam Sabilillah, dengan harapan siswa memiliki pengetahuan internasional tapi tetap memiliki rasa cinta pada tanah air. Sebab Indonesia lebih kaya budaya dan lainnya,” ungkap Kepala Humas SMPIS, Taufikurrahman kepada Malang Post.
Festival budaya mancanegara ini merupakan kelanjutan dari festival budaya nusantara yang digelar tahun lalu. Seluruh siswa dilibatkan dalam persiapan acara ini.
Seperti kemarin siswa di tiap kelas terlihat sibuk menata stand mereka. Ada stand negara Thailand, Mesir, Jepang, Inggris, dan juga India. Pengunjung yang datang pada awalnya akan diterima di bandara internasional Sabilillah. Yaitu pintu masuk dan lobby yang disulap menjadi seperti bandara internasional.
Kemudian pengunjung akan dibawa berkeliling ke lima benua dan melewati sejumlah negara. Di stand tiap negara pengunjung juga bebas mencicipi aneka makanan khas yang semuanya disajikan oleh siswa dengan baju khas negara tersebut.
”Kami juga mengundang sejumlah mahasiswa asing yang sedang belajar di Indonesia,” bebernya.
Masyarakat yang ingin menyaksikan keunikan festival ini dipersilahkan untuk datang. Sebab ada pula atraksi tarian dari berbagai negara yang akan ditampilkan siswa. Setiap kelas mendapatkan tugas untuk mengeksplorasi informasi mengenai tiap negara yang dipilih. Mulai dari bahasa, budaya, busana, makanan, festival-festival penting, ikon negara dan lainnya.
”Dengan pengetahuan yang mengglobal siswa diharapkan semakin menyadari bahwa Indonesia lebih kaya budaya. Sehingga siswa semakin cinta tanah air Indonesia,” ujarnya.
Kegiatan ini kata Rahman juga merupakan sarana bagi sekolah untuk menciptakan school organization. Di mana semua warga sekolah terlibat aktif untuk kegiatan ini.
Salah satu siswa kelas 7A, Nur Ilmia menjelaskan di kelasnya kebagian tema negara Thailand. Karena itu ia dan teman-teman sekelasnya sudah menyiapkan aneka makanan khas Thailand seperti Tom Yam, Mangga Ketan, dan Es Teh Thailand. Serta berbagai pernik khas negara tersebut. (oci/sir/nda)