Ungkap Konsep Baru Pedagogi

MALANG - Guna meningkatkan gerakan guru belajar  dan kualitas guru, Fakultas Agama Islam Unisma  melalui  Program Kualifikasi Guru RA/MI mengadakan bedah buku berjudul Gurunya Manusia  karya Munif Chatib, akhir pekan lalu.
”Manusia bukanlah robot yang harus kerja terus menerus, tapi manusia adalah makhluk hidup yang diberi akal dan pikiran untuk berubah maju,” ujar Munif Chatib saat membedah bukunya.
Lebih jauh ia mengungkapkan, Gurunya Manusia berisi tentang keseimbangan antara konsep, saran praktis atau tips dan contoh-contoh. Sehingga menjadi menarik dibaca untuk para guru. ”Dari segi konsep, buku ini juga memberikan konsep dan pengetahuan baru tentang pedagogi, mulai dari teknik mengajar hingga penjelasan gelombang otak,” ucapnya lagi.
Bahkan pembaca nantinya juga bisa menemukan data menarik yang terkait dengan pendidikan. Bagaimana bisa memanfaatkan kertas kerja (worksheet) yang bisa digunakan untuk pekerjaan guru sehari-hari. Bagaimana cara membagi waktu untuk pekerjaan sebagai guru, ada juga contoh menarik dari berbagai sumber tentang bagaimana proses pengajaran yang bagus.
Di bab terakhir, Munif juga membahas tentang desain model lesson plan atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kreatif.(ian/eno)