Selain Hari Pahlawan, Ada Hari Satwa Nasional Lho !

MALANG - Yang sudah lazim dikenal di kalangan pelajar dan masyarakat luas, November  adalah perayaan Hari Pahlawan. Padahal pada bulan ini selain sebagai bulan Pahlawan juga ada peringatan Hari Satwa Nasional yang jatuh tiap 3 November.
Momentum ini menjadi perhatian SD Anak Saleh untuk mengkreasikan sebuah pengalaman belajar dengan menggelar perayaan gabungan dua hari besar nasional sekaligus. Yakni Hari Pahlawan dan Hari Satwa Nasional yang diadakan Sabtu, (10/11) lalu.
Hasilnya, sebagian siswa SD Anak Saleh ada yang mengenakan aneka atribut satwa dan sebagian lagi berkostum serta beratribut pahlawan.
Misalnya aktifis PMI di masa perang lengkap dengan seragam putih dan topi kecil serta tas obat-obatan di tangan dan pejuang 45 lengkap dengan bambu runcing. Ada pula yang membawa senapan mainan dengan ikatan slayer merah putih di kepala. Tak hanya anak-anak, para guru juga terlihat menggunakan kostum bertema satwa dan pahlawan.
”Indonesia masih membutuhkan dan selalu merindukan lahirnya para pahlawan pemerhati semesta raya, yang peduli sesama, satwa, puspa dan lingkungannya. Keyakinan dan harapannya, pahlawan masa depan itu adalah semua anak-anak Indonesia,” ucap Wakil Kepala SD Anak Saleh, Noor Jehhan akhir pekan lalu.
Banyak ragam kegiatan  untuk menyemarakkan acara tersebut, antara lain lomba kostum animal atau pahlawan, lomba mewarna, telling story dan lomba majalah dinding.
Sedangkan hal penting untuk menandai peringatan Hari Satwa Nasional adalah sosialisasi manfaat capung bagi manusia. SD Anak Saleh sengaja bekerjasama dengan  International Dragonfly Society (IDS) untuk  memberikan penjelasan tentang keberadaan capung sebagai penyeimbang ekosistem manusia, pembasmi hama dan lain-lain. Bahkan juga digelar donation for dragonfly yang akan dialokasikan untuk memperindah  area sekolah alam, untuk mengundang kedatangan capung.(oci/eno)