UMC Sukses Gandeng Rutger University

MALANG - Universitas Ma Chung (UMC) menggandeng sukses Rutgers University Amerika dengan melakukan penandatanganan MoU akhir pekan lalu di Rumah Makan Inggil.
Menurut perwakilan Rutgers, Lily Young kerjasama ini adalah awal untuk sejumlah agenda yang bisa dibangun kedua perguruan tinggi. "Sekarang ini masih tahap awal, ibarat sebuah rumah yang pintunya sudah terbuka," ungkap Lily.
Ia mengakui UMC adalah perguruan tinggi pertama yang menjalin kerjasama dengan Rutgers. Diawali dengan pertemuan wakil rektor Rutgers dengan rektor UMC, Leenawaty Limantara. Lily sendiri mendapat tugas membawa draft MoU dalam kunjungannya bersama rombongan US-Indonesia Joint Council. Ketika berkunjung ke UMC, Lily mengaku tertarik dengan kampus yang masih baru itu. Terutama penelitian fotosintesis yang sedang giat dikembangkan rektor Ma Chung.
Sementara itu Sabtu (11/11) lalu UMC mendapat kunjungan dari delegasi 12 perguruan tinggi ternama di Amerika yang tergabung dalam US-Indonesia Joint Council. Organisasi ini bertanggung jawab untuk meningkatkan kerjasama perguruan tinggi di Amerika dan Indonesia yang kegiatannya difasilitasi Indonesia Education Partnership.
"Ma Chung patut berbangga bahwa kunjungan dilakukan di kampus ini. Mereka pilih-pilih perguruan tinggi untuk dikunjungi," ujar Shinta, panggilan akrab Leenawaty Limantara.
Bersamaan dengan itu Ma Chung meluncurkan program baru yaitu summer courses yang bisa diikuti oleh mahasiswa asing. Dimana mahasiswa asing yang datang ke Indonesia akan diajak untuk berpartisipasi membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh UKM serta LSM di Malang raya. Melalui program ini Ma Chung berusaha memerkenalkan kekayaan ragam budaya Indonesia khususnya Kota Malang. (Oci/eno)