Sulap Halaman Sekolah Jadi Medan Perang

MALANG - Bertepatan dengan hari Pahlawan, SMP Islam Ma’arif 2 Kota Malang Sabtu (10/11) lalu menggelar dua kegiatan sekaligus. Yakni peresmian lapangan olahraga dan pagelaran drama kolosal Ayahku Seorang Pejuang.
Drama yang melibatkan puluhan pemain itu menceritakan tentang perlawanan pejuang Indonesia terhadap penjajah.  Penampilan pemain-pemain drama tersebut membuat para penonton kagum. Kostum dan properti yang digunakan benar-benar unik. Adegan demi adegan diceritakan dengan sangat detail. Antara lain menggunakan kambing dan gerobak yang dimodifikasi menjadi kendaraan tank perang.
Bukan hanya itu, dalam menggambarkan serangan penjajah terhadap Indonesia, puluhan petasan disulut di areal panggung. Suasana heroik tersebut sempat membuat penonton kaget karena meledak secara tiba-tiba.
“Saya sangat mengapresiasi pertunjukan drama kolosal ini. Siswa menunjukkan persiapan yang luar biasa. Kegiatan ini juga sebagai media dalam membentuk karakter siswa,” ujar  Komandan Korem 0833, Kol. Inf. Gunawan Wijaya yang kemarin turut hadir. Pria ramah ini menambahkan, pertunjukan drama tersebut bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
“Saya berharap dengan perjuangan yang dilakukan para pendahulu kita, siswa dapat meniru semangat para pahlawan dalam belajar dan meraih cita-cita,” katanya. Pertunjukan drama ini bukan pertama kali digelar SMP Islam Ma’arif 02, sebelumnya SMP yang berada di kawasan Janti ini juga sering mementaskan drama ketika peringatan hari besar nasional maupun keagamaan.
Sementara itu, dalam prosesi peresmian lapangan olahraga kemarin akhir pekan itu juga dihadiri pengurus Yayasan Pendidikan Islam Ma’arif, Muspika Sukun, Kepala KUA Kecamatan Sukun dan tokoh masyarakat. Pihak sekolah juga memberikan tali asih kepada Danramil.
Peresmian ini semakin semarak karena diiringi penampilan drum band SMP Islam Ma’arif 02. Secara simbolis Kol. Inf. Gunawan Wijaya melepaskan balon dan penandatanganan prasasti.
“Kami ingin menerapkan pendidikan karakter kepada siswa melalui kegiatan yang menghibur tetapi juga mendidik,” ujar. Drs. M. Barmin, M.Pd kepala SMP Islam Ma’arif 02 Malang.
Dikatakan Barmin, melalui semangat Hari Pahlawan, diharapkan siswa SMP Islam Ma’arif 02 dapat mencontoh semangat para pejuang dalam meraih kemerdekaan.(nin/eno)