TPP dan Tunjangan Honorer segera Cair

MALANG - Tunjangan profesi pendidikan (TPP) dan tunjangan honorer guru bantu dalam minggu ini sudah bisa diterima guru. Hal ini dikatakan Jianto, Kasi Fungsional Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang.
“TPP yang cair triwulan dari bulan Juli, Agustus, dan September. Sebenarnya sudah cair sejak Jumat, tetapi beberapa ada yang bermasalah di rekeningnya,” ujarnya. Ia menambahkan, guru yang rekeningnya bermasalah disebabkan oleh penurupan rekening oleh pihak bank karena saldonya kurang dari batas minimum. Sehingga, guru yang rekeningnya bermasalah harus membuka rekening lagi.
“Beberapa guru ada yang kompalin karena belum menerima, tetapi memang prosesnya tidak bisa langsung semua karena juga diverifikasi lagi data dan nomor rekeningnya. Apalagi banyak yang nomor rekeningnya tidak valid,” urainya.
Ada 3.413 guru yang menerima TPP triwulan ini. Guru yang menerima TPP adalah guru yang sudah tersertifikasi tahun 2006 hingga 2011. Mengenai honorer guru bantu yang cair bulan ini, Jianto merinci ada 33 guru yang menerima.
“Honor guru bantu ini bersumber APBN. Besarannya Rp. 1 juta tiap guru,” bebernya kepada Malang Post. Dikatakan Jianto, guru yang teramsuk penerima tunjangan honorer guru bantu bisa mengecek ke rekening Bank Jatim.
Jainto berharap, TPP yang diterima guru ini dapat digunakan untuk peningkatan kompetensi. “Tujuan TPP salah satunya untuk meningkatkan kompetensi guru, sehingga guru harus benar-benar memanfaatkannya untuk peningkatan diri. Peningkatan tersebut selain untuk menambah kemampuan IT juga untuk mengikuti berbagai pelatihan dan seminar.(nin/eno)