Seminar Uji Kompetensi Guru, Solusi atau Masalah ?

MALANG – Mahasiswa, calon guru dan para guru sangat direkomendasikan untuk mengikuti kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Menjawab Tantangan Pendidikan Indonesia: Uji Kompetensi Guru (UKG), Solusi atau Masalah?”. Seminar yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang UM) bekerjasama dengan Harian Malang Post ini bakal dilaksanakan di Aula gedung D2 FIP UM, Minggu, 18 November 2012 mendatang.
Tidak tanggung-tanggung, seminar yang akan mengupas soal UKG ini akan menghadirkan Dr. Hanif Saha Ghafur selaku staf ahli Bidang Sistem Evaluasi dan Penjaminan Mutu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan dosen Universitas Indonesia, serta Muchtar, S.Pd, M.Si selaku Kaprodi PGSD UM dan dosen UM.
Khilman Rofi Azmi ketua pelaksana seminar nasional menjelaskan, pihaknya sengaja mengambil tema yang merupakan bahasan terhangat untuk diperbincangkan. Dalam seminar ini akan dikupas secara tuntas
mengenai Uji Kompetensi Guru atau yang biasa disebut UKG.
‘’Banyak sekali guru yang merasa tidak puas dan kecewa terhadap hasil UKG karena sebagian besar dari mereka mendapat nilai di bawah standar. Sehingga hal tersebut membuat khawatir sebagian guru yang belum melaksanakan UKG.
Inilah persoalan yang melatarbelakangi kenapa kami memilih tema ini,’’ ujarnya.
Sebagai organisasi mahasiswa yang berasal dari fakultas yang akan mencetak calon-calon guru dan praktisi pendidikan, lanjut Khilmi, pihaknya merasa mempunyai tanggungjawab untuk mengadakan acara yang berkaitan dengan isu terhangat mengenai pendidikan saat ini.
‘’Karena seminar ini sangat bagus, kami masih membuka pendaftaran bagi mahasiswa, calon guru dan para guru di Malang Raya untuk bisa menjadi peserta. Pendaftaran untuk mahasiswa S1 UM Rp 40 ribu, S1 Non UM Rp 50 ribu, S2,S3 dan umum Rp 75 ribu. Pendaftaran bisa dilakukan di gedung D1 pada hari aktif. Fasilitas yang didapat yaitu seminar kit, snack and lunch, sertifikat, Koran Malang Post. Bagi yang berminat bisa menghubungi 085739084073,’’ jelasnya.
‘’Seminar ini juga mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang untuk diikuti oleh para guru se-Kota Malang. Baik yang belum melaksanakan UKG maupun yang sudah melaksanakan. Acara ini tidak hanya untuk para guru, namun juga calon guru dan mahasiswa,’’ tambah Shelly Andari seksi acara.(lim)