Gelar FBM, Sulap Loby Jadi Bandara

MALANG - SMP Islam Sabilillah (SMPIS) Malang sukses menggelar Festival Budaya Mancanegara (FBM), Sabtu (10/11) lalu. Sedikitnya budaya 13 negara dari lima benua ditampilkan oleh siswa dengan menyajikan beragam pakaian, makanan hingga tarian yang ditampilkan di halaman sekolah. Warna-warni budaya mancanegara ini digelar agar siswa SMPIS memiliki wawasan global.
Kepala SMPIS, Ali Afandi S.Pd M.Pd menuturkan, festival budaya mancanegara ini merupakan kelanjutan dari festival budaya nusantara yang digelar tahun lalu.  ”Seluruh siswa dilibatkan dalam persiapan acara ini agar mereka punya pengalaman mengelola sebuah acara secara langsung,” bebernya.
Acara yang dibuka Wakil Direktur LPI Sabililillah, Drs. Moh. Ishom Ihsan, M. Pd itu diawali dengan kedatangan rombongan undangan serta orang tua siswa di bandara internasional Sabilillah. Ya, loby sekolah disulap menjadi bandara internasional tempat keberangkatan keluarga besar SMPIS berkeliling dunia.
Dua orang siswa yang bertugas menjadi guide pun memandu dengan baik dalam bahasa asing. Rombongan pun tak melewatkan kesempatan berfoto di tiap ”negara” yang dikunjungi. Mulai dari negara Thailand, China, Jepang, Mesir hingga Inggris. Ada makanan khas, hiasan, pernik, dan juga segala informasi mengenai tiap negara.
Semuanya digali sendiri oleh siswa dengan bimbingan guru. Setelah puas berkeliling, rombongan diajak menyaksikan atraksi seni dan tari oleh siswa mewakili negara masing-masing. Beberapa mahasiswa asing yang diundang melihat festival itu pun terlihat antusias. Tak jarang mereka mengabadikan setiap atraksi menarik yang ditampilkan siswa. Ali menegaskan setelah banyak menggali budaya yang ada di dunia, siswa tetap diingatkan untuk mencintai budaya sendiri. (oci/eno)