Gelar Workshop, Undang Perwakilan Ekskul

MALANG – Pergantian pengurusan OSIS tiap tahun menjadi saat yang tepat untuk menentukan rencana kerja setahun ke depan. Momen itulah yang dimanfaatkan SMAN 6 untuk menyusun rencana kerja selama setahun dengan menggelar Workshop di Aula Perpustakaan Kota Malang 7 November lalu. Acara itu mengusung tema ’Satukan Misi Gapai Prestasi’.
Workshop yang dihadiri sekitar 135 siswa itu tidak hanya melibatkan keluarga besar OSIS, melainkan menyertakan perwakilan dari masing-masing ekstra kurikuler. “Komponen ekskul juga kami ikutkan. Hal ini dilakukan agar terjadi transaparansi dalam penyusunan program,” terang Kepala SMAN 6, Drs. Hariyanto, MPd kepada Malang Post.
Har mengungkapkan tujuan lain dengan melibatkan seluruh komponen dalam acara yang didukung oleh IM3 ini juga mengumpulkan aspirasi dari warga SMAN 6 Malang. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk didapatkan masukan-masukan yang bermanfaat bagi kemajuan sekolah yang tahun ini genap berusia 32 tahun.
“Masing-masing perwakilan siswa memberikan usul. Kemudian ditampung untuk diagendakan serta meng-arrange jadwal agar setiap agenda baik dari ekskul ataupun OSIS tidak berbenturan. Selain itu, dalam workshop juga dibuat rencana anggaran dalam setiap kegiatan,” urai mantan wakasis SMAN 3 Malang ini.
Menurut Har, dalam menyusun program harus sesuai dengan visi dan misi sekolah. Baginya, kegiatan sekolah tidak hanya bisa bermanfaat dan mendatangkan prestasi bagi sekolah saja namun juga bermanfaat bagi masyarakat luas, utamanya yang berada di lingkungan sekolah.
“Program yang baik harus mencakup manfaat untuk tiga unsur. Yakni, mendatangkan prestasi bagi SMAN 6 sendiri, bermanfaat bagi warga dan menjadi syiar sekolah untuk menunjukkan eksistensinya di tengah masyarakat,” urainya.
Salah satu bukti nyata mengenai program sekolah yang mampu mendatangkan manfaat bagi warga sekitar adalah ketika perayaan Idul Adha yang digelar pada Sabtu (27/10) lalu. SMAN 6 membagi ratusan kupon daging kurban untuk penduduk sekitar sekolah.
“Tugas sekolah adalah menjadi fasilitator untuk program-programnya,” tegasnya.
Sementara itu, ketua OSIS yang baru, Isma Haydar yang menggantikan Redi Vindy memiliki beberapa program unggulan, salah satunya adalah mencanangkan program Jumat Serba. Jumat Serba merupakan singkatan dari Jumat Segar, Bersih dan Gembira yang mengusung konsep senam pagi bersama dan bersih-bersih lingkungan yang digelar setiap Jumat bersamaan dengan Jumat bebas kendaraan.(ayu/sir/eno)