Ngajar Sejarah, Dapat Soal IPS

MALANG - Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap 3 yang digelar kemarin seakan belum bisa lepas dari persoalan yang sudah sering terjadi sebelumnya. Yakni diwarnai server yang bermasalah seperti yang dialami guru SMK program keahlian. Sedangkan guru SMK untuk matapelajaran umum dan guru lainnya tidak mengalami kendala.
“Tadi guru-guru sempat kami minta tunggu sebentar, ternyata belum juga nyambung. Akhirnya guru tersebut kami  minta kembali ke sekolah masing-masing. Server yang bermasalah dialami guru SMK program keahlian, kalau yang lainnya tidak ada kendala,” ujar Jianto, Kasi Fungsional Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan (Dikbud) Kota Malang.
Bukan hanya itu, beberapa guru juga ada yang tidak mengikuti UKG karena soal yang keluar bukan bidang kompetensinya. Misalnya ada guru yang mengajar pelajaran sejarah, tetapi soal yang keluar adalah pelajaran IPS.
Kejadian ini tentu saja membut guru-guru SMK gigit jari. Bagaimana tidak, para guru yang merelakan waktu mengajarnya untuk mengikuti UKG justru sia-sia karena server yang tidak terhubung. “Sudah meninggalkan jam mengajar, ternyata servernya tidak nyambung. Terpaksa harus ikut tahun depan,” ujar seorang guru yang tidak mau namanya dikorankan
Jianto mengatakan, untuk TK, SD, SDLB, dan SMP lancar. ”Semua sudah kami laporkan ke pusat. Nantinya pusat yang akan bertindak, kalau Dikbud Kota Malang hanya pelaksana,” bebernya lagi.
Dikatakannya pula, guru yang belum mengikuti UKG tahun 2012 akan mengikuti lagi tahun mendatang.  “Tahun ini hanya diselenggarakan tiga kali, selebihnya akan digelar tahun depan,” kata pria ramah ini.(nin/eno)