56 Lulusan Diterima di ITB Tanpa Tes

MALANG - Politeknik Kota Malang (Poltekom) menggelar wisuda angkatan ke dua, Rabu (14/11) hari ini di Hotel Gajahmada Malang. Yang istimewa, sebanyak 56 orang lulusan tahun ini diterima tanpa tes di ITB Bandung.
”Jumlah lulusan kami yang diterima di ITB tanpa tes terus meningkat, tahun lalu sebanyak 16 orang dan tahun ini menjadi 56 orang,” ungkap Direktur Poltekom, Bagus Gunawan S.Pd M.Si kepada Malang Post.
Namun sayangnya menurut dia tidak semua yang diterima di ITB mengambil kesempatan berharga tersebut. Sebab banyak yang tidak memiliki biaya untuk tinggal di luar kota. Karena itulah ke depan, Poltekom akan menjajaki kerjasama model pembelajaran jarak jauh dengan ITS Surabaya. Sehingga studi lanjut D4 bisa diikuti oleh alumninya tanpa harus pergi ke luar kota.
”Yang memiliki IPK minimal 2,75 bisa mengikuti studi lanjut ini, saat ini kami tengah melakukan penjajakan dengan ITS,” bebernya.
Lebih jauh Bagus menuturkan Poltekom dan ITB telah membangun kerjasama melalui program alih jenjang. Program ini didukung pula oleh SEAMOLEC. Ada tiga kategori program yang bisa didapatkan lulusan Poltekom yang akan studi di ITB. Yaitu akses masuk tanpa tes bagi pemilik IPK minimal 2,75 sampai 2,99. Mendapat keringanan biaya studi 50 persen bagi pemilik IPK 3-3,5. Dan beasiswa penuh bagi pemilik IPK 3,5 keatas. Jurusan yang disiapkan diantaranya teknik media digital, TI kesehatan, dan Animasi.
Ditegaskannya pada level D3, sebenarnya lulusan Poltekom sudah menjadi tenaga yang mumpuni di bidangnya. Bahkan sejumlah perusahaan sangat membutuhkan tenaga mereka. Misalnya pabrik rokok gudang garam yang saat ini banyak merekrut lulusan Poltekom untuk memegang mesin matic di pabrik. Juga perusahaan pengalengan yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa untuk direkrut setelah lulus nantinya.
Pendidikan politeknik saat ini sedang didorong untuk terus tumbuh di Indonesia. Karena itu pula Poltekom juga sudah melebarkan sayap dengan membuka sub kampus di sejumlah SMK di Malang Raya. Dengan harapan semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat sehingga semakin tinggi pula kesejahteraannya.
Poltekom memiliki tiga jurusan yaitu Teknik Informatika, Telekomunikasi dan Mekatronika. Pembelajaran dilaksanakan setiap hari Senin-Jum’at mulai pukul 07.0 WIB sampai 15.15 WIB. Dengan model pembelajaran satu siswa satu laptop. (oci/sir/eno)