Tim Dosen FIA UB Sukses Gelar PPM

MALANG - Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) menggelar Program Pengabdian Masyarakat di Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Sasarannya adalah anggota Dharma Wanita Pemkot Malang. Pada kegiatan pengabdian yang digelar beberapa waktu lalu, tim dosen FIA UB mengajarkan cara membuat bunga dari bahan kain flanel.
Pelatihan ini pun disambut antusias oleh anggota Dharma Wanita Pemkot Malang.
”Selain di Pemkot Malang, pelatihan juga kami berikan kepada ibu-ibu di Kawasan Wisata Gunung Kawi,” ungkap dosen FIA UB, Fransisca.
Sisca, panggilan akrab Fransisca menuturkan kerajinan dari bahan kain sisa ini memiliki nilai jual yang tinggi. Hiasan bunga yang dibuat bisa ditempelkan pada piring sebagai suvenir atau pada asesoris kalung dan bando anak. Di Gunung Kawi saja produk tersebut bisa dijual sampai Rp 30 Ribu, padahal modalnya hanya sekitar Rp 12 Ribu saja.
Pelatihan yang diikuti sekitar 100 orang anggota Dharma Wanita di Aula Majapahit Pemkot Malang itu pun berlangsung seru. Sebab ternyata merangkai kain perca menjadi bunga tidaklah mudah. Bahkan tidak sedikit yang kesulitan memasukkan benang kedalam jarum. ”Ternyata susah juga ya,” komentar salah satu guru.
Melalui agenda pelatihan ini diharapkan ibu-ibu rumah tangga memiliki aktivitas tambahan yang bisa meningkatkan taraf hidupnya. Sebab keterampilan tangan ini sangat digemari dan bernilai jual tinggi.(oci/eno)