Ajarkan Rakit Robot Menggunakan Lego

MALANG - Robotik tidak hanya bisa dipelajari orang dewasa. Anak usia dini juga bisa dikenalkan pada dunia robotik. Tentu saja, robot yang dikenalkan bukan susunan robot yang rumit. Seperti yang dilakukan SDK Cor Jesu yang menggelar workshop robotik bagi anak usia dini, akhir pekan lalu.
Robot yang dikenalkan kepada anak usia dini ini sederhana dan bahan robot yang diperkenalkan bukan bahan yang berbahaya melainkan terbuat dari plastik yang aman. “Kalau untuk anak usia dini yang dikenalkan robot yang sederhana. Peserta juga dikenalkan bagaimana merakit robot sederhana dengan menggunakan lego,” kata Yosua Deny pemateri workshop. Dalam kegiatan tersebut, siswa juga dilatih untuk bekerjasama merangkai robot dalam satu tim.
“Berlatih robot bukan hanya tentang ketelitian dan kecermatan saja, tetapi juga membangun kerjasama kelompok. Memang terlihat sederhana, tetapi di situ akan terbentuk interaksi sosial,” beber Yosua kepada Malang Post.
Dikatakannya, pengenalan robot disesuaikan dengan usia anak. “Jika usia dini hanya dasar, tetapi SD yang kelasnya sudah cukup tinggi akan belajar pemrograman sederhana,” katanya. Dalam workshop tersebut, peserta tampak antusias mengenal robot dan dalam kesempatan itu mereka dikenalkan robot yang memiliki baling-baling.
“Sekarang sudah memasuki era teknologi robotik, sehingga kami ingin mengenalkan robotik sejak usia anak usia dini. Ternyata anak-anak sangat antusias. Rencananya kami akan gelar setiap tahun,” ujar Victoriana, Ketua Panitia acara. Dikatakannya, melalui pengenalan robotik anak akan dilatih untuk berpikir sistematis, belajar membuat konsep, berlatih ketelitian, dan bekerja dalam satu tim.
Selain menggelar workshop robotik akhir pekan lalu, SDK Cor Jesu juga menggelar workshop komputer untuk anak usia dini. “Anak saya sangat antusias kendati baru pertamakali ikut. Saya senang dengan kegiatan ini karena belum banyak digelar bagi anak usia dini,” ujar Elen orangtua peserta.(nin/eno)