SMP Shalahuddin Sukses Gelar Gebyar 1 Muharram

MALANG - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1434 Hijriah, SMP Shalahuddin Malang menggelar Gebyar Muharram, Sabtu (17/11) lalu. Beberapa kegiatan yang digelar seperti parade drum band dan pembagian 350 paket sembako kepada  pemulung, tukang becak dan tukang parkir.
Dalam sambutannya, Kepala SMP Shalahuddin, Drs. H Mashuri mengatakan, moment tahun baru Islam harus menjadi tonggak peningkatan kualitas keimanan, ketaqwaan dan semangat belajar. “Kami mengadakan kegiatan ini untuk melatih anak-anak agar dapat menerapkan ilmu yang mereka dapatkan di sekolah, khususnya tentang pendidikan berkarakter,” tuturnya.
Sementara itu, dalam pelaksanaan para drum band mengambil rute dari halaman gedung sekolah menuju ke Jalan Patimurra, lalu melewati Rumah Sakit Lavallet,  Jalan J.A Suprapto yang kembali berakhir di halaman sekolah lagi.
Di sela pelaksanaan parade band, beberapa siswa menyerahkan paket sembako kepada beberapa tukang becak, tukang parkir dan pemulung yang kebetulan dijumpai. “Saya mengucapkan terima kasih kepada SMP Salahuddin yang telah memberikan sembako pada saya,” ucap Matasil, salah seorang tukang becak yang biasa mangkal di sekitar RSUD Syaiful Anwar.
Selesai kegiatan drum band dan bagi-bagi sembako, semua siswa diajak bersih-bersih di lingkungan sekolah bersama seluruh guru dan karyawan lain. Tak lupa pula, menanam bibit pohon sebagai usaha penghijauan.
”Dengan adanya kegiatan ini saya berharap anak-anak dapat memupuk rasa tanggung jawab sosial terhadap rasa nyaman di lingkungan sekitarnya,” jelas pria yang juga Takmir Masjid Imam Bonjol di daerah Bunul ini.
Sekolah yang terletak di kawasan Jalan Jagung Suprapto  No 11 ini merupakan salah satu sekolah yang letaknyanya stragis dan mempunyai sarana prasarana sekolah yang terbilang lengkap. Mulai dari lab bahasa, perpustakaan, lab IPA dan lain-lain. Sedangkan untuk kegiatan esktra kurikuler sekolah ini mempunyai drumband, pramuka dan tartil Qur’an.(ian/sir/eno)