TI UM Sukses Gelar Semnas dan MFM

MALANG - Industri kreatif menjadi isu hangat dalam seminar nasional yang digelar Jurusan Teknologi Industri (TI) Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu (17/11) lalu. Acara yang digelar di Gedung Graha Cakrawala UM itu dihadiri ratusan peserta dari berbagai kota. Apalagi kegiatan itu dirangkai dengan gelaran Malang Fashion Momen (MFM) dalam rangka memeringati hari ulang tahun (HUT) Teknologi Industri UM.
Sebuah kado istimewa yaitu sertifikat musium rekor dunia Indonesia (MURI) pun dipersembahkan oleh himpunan mahasiswa TI (HIMTI). ”Semoga ke depan TI bisa semakin jaya,” ungkap pembawa acara di atas panggung spektakuler MFM Sabtu malam itu.
Pada hari itu ada dua agenda besar yang digelar. Diawali dengan seminar nasional yang menghadirkan praktisi pendidikan serta desainer ibu kota Sofie dan Deden yang juga desainer Jakarta Fashion Week. Hadir pula make up artist Chenny Han. Seminar nasional bertajuk Trend Vision ini juga menghadirkan guru besar UM, Prof Dr HA Mukhadis M.Pd.
”Indonesia ini kaya sumber daya alam dan seharusnya tidak ada orang miskin di Indonesia,” ungkapnya membuka acara seminar.
Seremoni seminar juga diwarnai dengan MoU antara TI UM dan produk kosmetik La Tulipe. Hadir pula dalam agenda pembukaan ini Pembantu Rektor 1, Prof Dr Hendyat Soetopo. Menurutnya industri kreatif juga tercantum dalam visi dan misi UM.
”Kedepan semua program studi di UM harus memiliki program unggulan,” bebernya.
Setelah gelaran seminar dilanjutkan dengan pemecahan rekor MURI fashion show dengan menggunakan topeng Malangan. Ide istimewa ini pun mendapatkan penghargaan dari MURI. Setelah seluruh model tampil di atas panggung, giliran acara fashion show karya mahasiswa yang ditampilkan. Sedikitnya ada 20 karya yang dikenakan oleh para model. Acara MFM 2012 ditutup spektakuler dengan fashion show karya Deden dan Sofie yang memukau pengunjung. (oci/eno)