10 SMK Bersaing di K3TAB

SINGOSARI - SMK Negeri 1 Singosari mulai kemarin hingga 23 November 2012 mendatang, menggelar Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB). Agenda itu digelar berkat kerjasama dengan PT. Trakindo Utama dan diikuti oleh 10 SMK se Indonesia.
Menurut Drs. Agus Sudarto, Waka Humas SMK Negeri 1 Singosar kompetisi itu untuk memberikan penghargaan dan pengakuan atas pencapaian peserta dari SMK yang mempunyai bidang kompetensi alat berat. “Sekaligus untuk memotivasi peserta didik dalam belajar,” katanya.
Terdapat sembilan bidang kategori yang dikompetisikan. Yakni Knowledge Assassement, Presentrasi, Preventive Manitenance, Using Service Information System, Valve Lash Adjusment, Remove dan Install Water Pump, Assembly / Diassembly turbo changer, dan terakhir Meaussurment.
“Jadi, kompetisi ini berjalan lama karena ada sembilan bidang yang dilombakan. Semua tim maupun peserta, harus melewati sembilan tantangan yang kami sediakan,“ tandas Drs. Achmad Djuliadi, SPD,MM, MPD, Ketua panita K3TAB di tempat yang sama.
Semntara itu, ada beberapa reward yang diperebutkan melalui kompetensi ini. Sebagai juara umum, mendapatkan piala bergilir dari PT Trakindo Utama dan mengikuti training di PT. Trakindo Utama.
“Tidak ada reward berupa fresh money. Tapi yang berharga adalah, tim yang menjadi juara umum, akan berkesempatan mengikuti training di Trakindo Utama. Dan itu tak bisa dinilai dengan uang,“ tukas Djuliadi.
Sedangkan SMK Negeri 1 Singosari, juga berharap dapat mempertahankan juara yang diraihnya tahun lalu. “Kami sudah tiga kali mengikuti kompetisi ini. Hasilnya dua kali juara di tahun 2010 dan 2011. Diharapkan tahun ini, kami tetap bisa mempertahankannya,“ tutup Drs. Agus Sudarto. (big/eno)