Tahun Depan Akan Bangun Rumah Sakit Bersalin

MALANG - Hari ini, 74 mahasiswa Akademi Kebidanan (Akbid) Wijaya Kusuma dikukuhkan menjadi Ahli Madya Kebidanannya oleh Direktur Akbid Wijaya Kusuma  dr Priwisono Adi. Acara yang digelar di  Hotel Savana hari ini, merupakan wisudawati angkatan kedua.
Kepada Malang Post Priwisono mengungkapkan, bahwa kampus yang ia kelola sudah terakreditasi  B oleh  Dirjen Pendidikan Tinggi tahun 2011 dengan SK No 13/E/T/2011. Bahkan yang lebih istimewa lagi, tahun depan akan merencanakan membangun Rumah Sakit Bersalin (RSB) yang dikelola langsung oleh  manajemen Akbid Wijaya Kusuma.
”Keberadaan  RSB ini nanti untuk mempermudah praktik mahasiswa. Mereka bisa praktik sewaktu-waktu sesuai dengan materi yang diberikan dosen. Sedangkan untuk rumah sakit yang menjadi mitra kerja,  tetap dijadikan acuan dan jujugan mahasiswa praktik lapangan,” jelasnya kemarin.
Untuk tenaga ahli, pihaknya juga akan merekrut para dokter sepsialis. Sehingga pelayanan di RSB Wijaya Kusuma bisa bersaing lebih bagus dari RSB lainnya.  Kelebihan lain, sambung Priwisono, karena para mahasiswa Akbid Wijaya Kusuma bisa melakukan praktik di RSB setiap hari, hal itu akan memberikan nilai tambah pada pasien.
Sedangkan dari sisi mahasiswa sendiri, semakin lama dan semakin banyak jam praktik di rumah sakit, maka  kemampuan  dan pemahaman tentang kebidanan akan lebih matang. Sehingga, akan mudah mengisi peluang kerja di berbagai rumah sakit.
Kini pembangunan RSB itu hanya tinggal menunggu waktu. Jika ijin yang telah diajukan disetujui, maka RSB Wijaya Kusuma siap menjalankan aktivitasnya. ”Ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bila Akbid memiliki RSB sendiri,” tegasnya.
Sementara itu, dari puluhan mitra kerja Akbid Wijaya Kusuma, banyak yang minta praktik lapangan para mahasiswa diintensifkan.  ”Ini menunjukkan bahwa kualitas mahasiswa sangat bagus. Sehingga bisa dipercaya,” katanya.(ds/sir/eno)