Manfaatkan Bahan Daur Ulang, Raih Juara

MALANG - Mewujudkan keprihatinan terhadap lingkungan bisa diwujudkan dalam berbagai hal, salah satunya melalui majalah dinding (mading). Melalui mading, SMAK Frateran kembali menorehkan prestasi menjadi juara I dalam lomba mading 3D yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang (UM) pekan lalu.
Lomba yang diikuti belasan tim se-Malang Raya itu SMAK Frateran meraih hasil terbaik. Pada lomba mading yang bertemakan Green Environment For The Next Generation itu menjadi pemenang karena menggunakan bahan daur ulang dan ramah lingkungan.
Tim yang beranggotakan Ratna Gumilang, Tika Marthalina, Marlinda Kusuma, dan Dionisius Anugerah tersebut memilih konsep pohon yang musnah akibat kekeringan. Tidak disangka, konsep tersebut membawa tim ini menjadi juara.
“Kami tidak menyangka bisa menjadi juaranya. Karena ketika dibawa ke lokasi lomba seharusnya sudah setengah jadi. Tetapi milik kami belum seperempatnya jadi,” ujar Ratna Gumilang. Bahan yang dipilih dalam pembuatan mading 3 D ini adalah foam, koran bekas, cat, bambu, triplek, daun kering, dan stik es krim.
“Kami sangat mengapresiasi kerja keras anak-anak. Meski mendadak dan spontanitas, anak-anak tetap semangat,” ujar Fidelia Supin Pembina Mading. Dikatakannya, siswa-siswanya tersebut memiliki minat yang tinggi terhadap mading. Ia berharap dengan prestasi ini dapat meningkatkan motivasi siswa lainnya dalam bidang non-akademik. (nin/eno)