Poster Perdamaian Menangi Ajang SSC

MALANG - Isu Perdamaian Dunia diusung STIKI Malang dalam ajang lomba STIKI Student Competition (SSC). Puluhan siswa dari SMA dan SMK se Jawa Timur (Jatim) ditantang untuk mengekspresikan ide mereka dalam sebuah poster. Hasilnya berbagai ide menarik pun bermunculan.
Mulai dari poster yang berbicara tentang tawuran antar pelajar, bom Israel, hingga persabahatan antar negara ASEAN. Salah satu yang dianggap terbaik oleh juri adalah karya berjudul Jagalah Dunia Agar Tetap Damai. Poster karya Akmilia Asnarini siswa SMAN 1 Glagah, Banyuwangi ini menggambarkan tawuran antar pelajar dan gambar seorang ibu yang sedang menggendong bayinya.
”Poster ini membawa pesan kegagalan seorang ibu dalam mendidik anaknya, sehingga anak-anak muda sekarang hobi tawuran,” ungkap Humas STIKI, Setiabudi Sakaria kepada Malang Post.
Karya ini pun dipilih sebagai pemenang pertama lomba poster SSC STIKI 2012. Salah satu juri yang memberikan penilaian adalah Pimred Malang Post, Sunavip Ra Indrata. ”Karya ini selain bermuatan ide kreatif, juga memiliki nilai seni yang tinggi. Dimana proses pengerjaannya dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari menggambar hingga scanning. Berbeda dengan karya yang lain yang lebih banyak mengcopy image dari internet,” ucapnya.
SSC adalah lomba bagi siswa SMA/SMK yang agenda kegiatannya terdiri dari lomba poster dan web programming. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 19- 22 November 2012 di Gedung E Kampus STIKI Malang.
Juara dua diraih Alfi Samudra dari SMKN 1 Kepanjen dan Juara tiga Dhitta Ananda dari SMK Telkom Shandy Putra Malang.
Ketua STIKI, Eva Handriyantini S.Kom, M.MT menyampaikan SSC digelar agar siswa berani berinovasi dan berkreativitas dalam pengembangan teknologi informasi. Hasil yang telah dinilai terbaik oleh juri diharapkan menjadi kandidat diterima di jalur beasiswa penuh (gratis biaya kuliah di STIKI) melalui jalur non akademik atau berdasarkan bakat dan ketrampilan yang dimiliki siswa.
Acara SSC ini diselenggarakan setiap tahun dan mengundang seluruh SMA / SMK kota dan luar kota Malang untuk menjadi yang terbaik mendapatkan juara berupa uang tunai, sertifikat dan doorprize dari sponsor. Jumlah peserta desain poster sebanyak 24 kelompok dan web programming sebanyak 25 kelompok. Penjurian dilakukan dengan presentasi di tiap kelompok dan juga melalui vote terbanyak yang memilih “Like” melalui Facebook.(oci/eno)