Mahasiswa UMM Ciptakan Mobil Sport Murah

MALANG - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki mobil listrik bernama UMM Sport. Mobil ini dirancang oleh mahasiswa teknik mesin Fakultas Teknik. Saat ini mobil tersebut sedang diikutkan dalam ajang lomba Indonesia Energy Marathon Challenger (IEMC) yang digelar Dirjen Dikti di Sirkuit Kenjeran Surabaya.
Dekan FT UMM, Ir Sudarman MT menuturkan UMM Sport dibuat berawal dari skripsi mahasiswa teknik mesin yang kemudian dirancang menjadi prototipe. ”Mobil ini banyak kelebihannya dan kekurangannya sedikit,” ucapnya bangga.
Mobil ini menurutnya memerlukan biaya produksi yang tidak terlalu besar karena hanya menelan dana Rp 35 Juta itu. Keikutsertaan dalam lomba IEMC ini diharapkan menyuntikkan semangat mahasiswa untuk membuat karya yang lebih baik.
IEMC digelar Ditjen Pendidikan Tinggi, Kemdikbud RI bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar IEMC. Kegiatan ini digelar di sirkuit Kenjeran, Surabaya pada tanggal 23-25 November 2012. IEMC 2012 merupakan kegiatan yang diadakan untuk menguji kemampuan dalam perancangan dan pembangunan kendaraan yang aman, irit dan ramah lingkungan.
Selain itu, lomba mobil irit ini juga bertujuan mendukung kampanye pemerintah dalam upaya efisiensi energi. Kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa seluruh universitas/institut/politeknik di Indonesia yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh panitia. ”Setelah diperbaiki kedepan mobil ini juga akan diikutkan dalam lomba tahunan di Malaysia,” bebernya.
UMM Sport sempat dipamerkan dihadapan rektor UMM, Muhadjir Effendy sebelum berlaga di Surabaya. Rektor juga sempat mengendarai mobil ini berkeliling kampus UMM.(oci/eno)