Bingung Pegang Mouse dan Ngetik

MALANG - Usia tidak menjadi penghalang bagi guru-guru yang tak lagi muda untuk belajar teknologi informasi (TI). Seperti yang dilakukan guru SDN Jatimulyo 3 Kota Malang kemarin (23/11). Meski terlihat masih gagap teknologi, sepuluh guru yang mengikuti pelatihan IT ini cukup antusias. Mereka diajari dasar-dasar menyalakan laptop dan belajar program-program dasar seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel.
Peserta pelatihan ini tampak tertawa lepas ketika mulai kebingungan. Meski penglihatannya tak lagi jelas saat melihat layar komputer, salah satu guru Misniarwati tampak antusias mengikuti instruksi dari trainer.  “Masih belajar dari awal, laptop baru punya setelah lolos sertifikasi. Kendalanya ada pada penglihatan dan bingung memegang mouse,” ujarnya sambil tersenyum. Guru berusia 54 tahun ini tidak mau kalah dengan murid-muridnya yang sudah melek TI.
Dalam pelatihan kemarin, trainer TI tampak sabar memberi materi kepada guru yang berusia antara 45 hingga 55 tahun itu.
Sambil sesekali mengajak bernyanyi dan bermain game, peserta pelatihan tampak enjoy mengikuti pelatihan, meskipun beberapa guru tampak kebingungan ketika mengetik dalam Microsoft Word. Trainer pelatihan tampak sabar mengajari guru-guru sepuh tersebut.
Bahkan salah satu guru rela meminjam laptop milik anaknya agar bisa menerapkan pembelajaran berbasis TI. “Belum punya laptop, apalagi saya masih honorer,” ujar guru yang telah 21 tahun menjadi guru honorer ini.
“Teman-teman cukup antusias mengikuti pelatihan ini. Walaupun awalnya masih belum bisa, sekarang sudah ada kemajuan. Agar tidak kalah dengan murid-murid, kami belajar TI juga,” ujar Helina Tusa Adiyah Kepala SDN Jatimulyo 3. Dikatakannya, dengan pelatihan ini ia berharap nantinya semua guru mempu menyelenggarakan pembelajaran berbasis multimedia.(nin/eno)