Gali Bakat Pelajar, Gelar Tujuh Jenis Lomba

MALANG - Perayaan hari ulang tahun (HUT) Rintisan KB/TK/SD Negeri Bertaraf Internasional (NBI) Tlogowaru digelar meriah pada Sabtu-Minggu (24-25/11) lalu. Sebanyak tujuh jenis lomba digelar dalam acara bertajuk Show Your Talents Competition di sekolah terpadu tersebut. Acara ini melibatkan sekitar 2.000 peserta yang mengikuti berbagai jenis kegiatan. Istimewanya lagi, sebuah prestasi membanggakan disumbangkan Rintisan TK NBI Tlogowaru yang menjadi juara satu lomba Widya Pakerti Nugraha 2012.
“Anugerah ini diberikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jatim kepada TK Tlogowaru karena di sekolah kami pendidikan karakter sudah menjadi budaya,” ungkap Kepala R KB/TK/SD N BI Tlogowaru, Dra Lilik Sulistyowati M.Si kepada Malang Post.
Anugerah ini diterima sekolah setelah sejumlah juri di antaranya dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), jurnalis, dan pengurus PGRI Provinsi melakukan visitasi ke sekolah. Dari 38 kota kabupaten di Jatim, TK Tlogowaru akhirnya lolos menjadi juara satu. Anugerah diterima oleh kepala TK Tlogowaru pada malam penganugerahan di Surabaya (21-22/11) lalu.
Mudrikawati, waka TK Tlogowaru membeberkan pendidikan karakter sudah diterapkan di lembaga ini sejak awal berdiri.
Pendidikannya diberikan menyatu dengan kurikulum. Sehingga karakter yang baik, disiplin dan jujur sudah tertanam dan dilaksanakan siswa tanpa harus disuruh. Karena itupula lembaga ini pernah meraih gelar juara satu dalam lomba UKS tingkat nasional pada 2010 lalu.
Sementara itu agenda Show Your Talents yang sudah memasuki tahun ke tiga dilaksanakan dengan sukses dan meriah. Sejumlah lomba yang digelar diantaranya adalah lomba Pramuka, Pildacil, Story Telling, Solo Singer, Fashion Show, Dance Competition, dan Lomba Mewarna. Dengan jumlah peserta lomba mencapai 900 orang dan yang terbanyak adalah peserta lomba Pramuka yang mencapai 500 orang.
”Lomba Pramuka cukup meriah karena melibatkan 50 regu dan masih banyak yang membawa suporter,” ungkap ketua panitia lomba, Hamidah. Acara juga dimeriahkan dengan jalan sehat keluarga besar KB/TK SD Tlogowaru yang diikuti sekitar 1500 orang. Juga ada gelaran pentas seni yang menampilkan bakat dan potensi siswa intern sekolah.(oci/eno)