2013 SMKN 13 Siap Beroperasi

MALANG - Kemarin (27/11) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Jawa Timur Dr. Harun, M. Si menunjau SMKN 13. Kedatangan Harun kemarin untuk melihat proses dan tahap pembangunan serta meninjau kelengkapan sarana dan pra-sarananya. “Semua sudah sesuai site plan dan sesuai prosedur,” katanya.
Dikatakannya, anggaran untuk pembangunan SMKN 13 bersumber dari APBD Provinsi Jawa Timur sebesar Rp. 15 Miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan gedung dan pengadaan sarana pra-sarananya. “Dana ini merupakan anggaran Bantuan Unit Sekolah. Selain Kota Malang, Kota Mojokerto juga mendapat bantuan serupa,” ujarnya.
Dikbud Provinsi Jawa Timur menargetkan SMKN 13 sudah bisa ditempati tahun ajaran  2013.
Saat ini SMKN 13 sudah memiliki siswa yang sementara menempati SMPN 25.  Program keahlian SMKN 13 yakni Pelayaran (Nautika Kapal Niaga dan Teknika Kapal Niaga), Keperawatan, dan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP). Untuk memudahkan siswa menuju lokasi sekolah di kawasan Villa Bukit Tidar ini, Dikbud Kota Malang telah menyiapkan mobil antar jemput yang mengantar dan menjemput siswa.
“Paling tidak setiap angkatan muridnya 75 siswa dan bisa menampung animo masyarakat sekitar,” katanya. Menurut pantauannya, proses pembangunan gedung SMKN 13 telah mencapai 60 persen. Bangunan tersebut meliputi ruang kelas dan ruang tata usaha. Untuk sarana lainnya seperti lapangan olahraga akan segera dikerjakan setelah bangunan selesai.
“Kami dari provinsi sudah meninjau SMKN 13 sebanyak dua kali. Ke depannya kami juga akan melakukan peninjauan rutin,” pungkasnya. (nin/eno)