Ciptakan Ide Kreatif, SMPN 3 Borong Juara

MALANG - Guru SMPN 3 berhasil menjadi juara umum dalam ajang Mathematics and Science Olympiads Teacher Inovation Contest 2012 yang digelar 17-18 November lalu oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Jawa Timur.
Tak mau kalah dengan guru-gurunya, siswa SMPN 3 juga berhasil meraih tiga medali emas dan satu medali perunggu dalam ajang Science Olympiads 2012. Medali emas diraih oleh Hidayatul Mustafidah R (Fisika), Raditya Adib Nugraha (Bahasa Inggris), Patriastiwi Zainurrosyida (Biologi). Sedangkan Andi Permana (matematika) meraih medali perunggu.
Sedangkan guru yangberhasil meraih emas adalah Nur Rochmat, S.Pd (Biologi), Susetyaningtyas, S.Pd (Fisika), Isbadar Nursit, M.Pd, (Matematika), dan Ani Susani, M.Pd. Dengan perolehan medali ini SMPN 3 Kota Malang berhasil menjadi juara umum dalam ajang yang melibatkan peserta dari RSBI se-Jawa Timur yang digelar di Mojokerto pekan lalu.
Guru yang meraih prestasi dalam ajang ini adalah guru yang membuat terobosan baru dalam metode pembelajaran. Susetyaningtyas berhasil merancang metode Belajar Fisika Menyenangkan dengan Menggunakan Lagu-Lagu Fisika.
“Banyak yang tidak menyukai fisika dan menganggapnya sulit. Kemudian saya ingin anak-anak memahami fisika dengan cara yang menyenangkan,” katanya. Ia menuturkan, dengan mengganti lirik lagu-lagu populer dengan konsep-konsep fisika membuat anak lebih mudah menangkap materi Fisika.
Isbadar Nursit, M.Pd juga sukses meraih medali emas dalam ajang ini. Guru muda ini merancang Pemanfaatan Program excel dalam menyusun Soal-Soal Aljabar. Dengan memanfataatkan Microsoft Excell,  guru tak lagi kesulitan membuat soal secara acak kepada siswa-siswanya. Dengan modal penguasaan rumus-rumus di Excell, guru mampu mambuat konsep soal yang sama tetapi angkanya berbeda.
Ari Susiani, M. Pd berhasil membuat Media Sosial jejaring Pendidikan Edmodo. Dengan metode ini media pembelajaran tidak lagi konvensional menggunakan papan tulis maupun kertas. Siswa dan guru hanya perlu berhadapan dengan komputer yang tersambung dengan jaringan internet.
“Guru membuat grup yang anggotanya siswa-siswa, melalui akun Edmodo semua pembelajaran bisa dilakukan,” ujarnya. Metode pembelajaran ini tidak hanya bisa ditepakan untuk pelajaran Bahasa Inggris saja, tetapi semua matapelajaran. Guru hanya perlu membuat akun yang nantinya siswa juga bisa menjadi anggotanya.
Nur Rochmat, S.Pd berhasil membuat Penggunaan Flash Player dalam Pembelajaran. Melalui metode ini, pelajaran Biologi lebih mudah dipahami dengan siswa karena menggunakan gambar bergerak. “Materi yang sudah dibuat dengan metode ini adalah Flash Player. Anak-anak lebih enjoy dan mudah memehami,” katanya.
Sementara itu Burhanuddin, M. Pd Kepala SMPN 3 menyatakan apresiasinya pada prestasi yang diperoleh siswa dan guru tersebut. “Kami mengirimkan empat guru dan empat siswa. Kami tidak menyangka bisa meraih medali di semua bidang,” ujarnya.(nin/eno)