Unisma Gembleng Guru PAI se Jawa Timur

MALANG - Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar pendidikan dan latihan (Diklat) tahap dua bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Program peningkatan kompetensi guru PAI ini digelar kerjasama Unisma Malang dengan Kementrian Agama (Kemenag) RI. Pembukaan Diklat tahap kedua dilaksanakan Selasa (27/11) di Kota Batu.
Menurut Pembantu Rektor 3 Unisma, Dr H Masykuri Bakri M.Si, Diklat ini dilaksanakan dua tahap dengan target peserta sebanyak 360 guru PAI se Jawa Timur. Tahap pertama dilaksanakan pada (19-22/11) dan tahap kedua (27-30/11).
”Diklat ini targetnya adalah mengubah model pembelajaran yang bersifat teacher oriented menjadi student oriented, sehingga siswa memiliki kesempatan mengembangkan potensinya,” ungkapnya.
Pada pelaksanaan diklat tahap pertama, sasarannya adalah guru agama pada jenjang SD, dan pada tahap ke dua kali ini pada guru agama jenjang SMP, SMA dan SMK. Materi diklat yang diberikan mencakup kebijakan pemerintah kaitannya dengan pengembangan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis pembelajaran aktif inovatif kreatif dan menyenangkan (Paikem). Dan juga terkait sistem evaluasi pembelajaran meliputi pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan, pembelajaran berbasis teknologi informasi, penyusunan bahan ajar, penelitian tindakan kelas, pengembangan ekstrakurikuler.
”Pengembangan PAI dalam kegiatan ekstrakurikuler amat penting sebab selama ini porsi PAI dalam kegiatan intrakurikuler masih minim,” bebernya.
Ekstrakurikuler PAI ini menurut mantan ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unisma tersebut sangat penting dalam upaya mewujudkan pendidikan karakter. Sebab pendidikan karakter tidak cukup hanya diajarkan di kelas saja tapi perlu ada pengembangan skill melalui kegiatan ekskul. Hal ini sejalan dengan desain penyelenggaraan ekskul pada sekolah yang akan diberikan bobot waktu khusus. ”Kebijakan ini kalau diterapkan akan menjawab kegalauan para guru yang tuntutan jam mengajarnya 24 jam,” kata dia.
Lebih jauh Masykuri menjelaskan kegiatan diklat guru PAI pada sekolah ini akan dilaksanakan dengan model in out in. In yang pertama adalah pemberian materi dengan model brainstorming seperti yang dilaksanakan hari ini, dilanjutkan kegiatan kedua yaitu Out dengan terjun ke sekolah dan kegiatan ketiga yaitu in kembali ke kampus Unisma.
Diklat PAI ini menghadirkan para dosen Unisma yang ahli di bidangnya. Diklat serupa sebelumnya juga digelar Unisma dan Kemenag RI dengan peserta guru agama, kepala madrasah dan juga pengawas pendidikan agama. (oci/sir/eno)