Sertifikat Pendidik 2012 Bisa Diambil

MALANG – Pekan ini, guru yang sudah lolos sertifikasi tahun 2012 sudah bisa mengambil sertifikat pendidiknya. Hal ini dikatakan Jianto, Kasi Fungsional dan tenaga Kependidikan Dikbud Kota Malang.
“Sertifikat pendidiknya sudah ada, kami sekarang masih mengecek dan mencocokkan datanya. Mungkin pekan ini atau paling lambat pekan depan sudah bisa diambil,” katanya. 
Jianto merinci ada 832 guru yang telah lolos sertifikasi 2012 dan bisa segera mengambil serifikat pendidik. “Nantinya guru akan mendapat undangan jika sudah siap sertifikatnya,” katanya kepada Malang Post.
Dikatakannya, sekain dari Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) Universitas Negeri Malang (UM), ada juga guru yang mengikuti tahapan sertifikasi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
“Tidak semua dari UM, yang dari luar UM kami juga masih menunggu sertifikatnya,” katanya. Di Kota Malang saat ini masih ada 5.422 guru yang belum serifikasi dan 989 yang masih dalam tahap pengajuan.
Disinggung mengenai jumlah kuota sertifikasi 2013 Jianto mengaku belum tahu. “Peserta sertifikasi harus ikut Uji Kompetensi (UK) dulu. Jika lolos bebarti kuotanya bisa diketahui karena sistemnya lulus dulu baru bisa sertifikasi,” ujarnya.(nin/eno)