Hasil Try Out Jeblok, Dikbud Kucurkan Dana

MALANG - Hasil try out SMP yang digelar pekan lalu masih belum sesuai harapan. Hal ini dikatakan Budiono, Kasi Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Dikbud) Kota Malang. "Masih belum maksimal, prosentasi kelulusan try out belum sesuai target," ujarnya.
Ia merinci prosentase ketidaklulusan terbanyak adalah berasal dari sekolah swasta sebanyak 40 persen.
Sedangkan dari sekolah negeri prosentasenya 25 persen. Sedangkan jumlah siswaa SMP baik negeri dan swasta sebanyak 12.192 dengan rician siswa sekolah negeri  7.232 dan siswa sekolah swasta sebanyak 4.960. Rencananya try out kota akan digelar sebanyak tiga kali hingga menjelang UN.
"Mungkin masih awal dan materi di sekolah belum mencapai target tersebut. Ini PR besar untuk semua stakeholder agar bisa memacu prestasi lebih baik lagi. Kalau prediksi kelulusan UN masih belum tahu. Biasanya try out akhir baru ketahuan," ujarnya.
Untuk mengtasi hal ini, pihaknya telah mendorong sekolah untuk memberikan kesempatan siswa menjadi tutor sebaya. Hal ini dilakukan karena belajar dengan teman sebaya lebih efektif. Saat ini beberapa sekolah sudah membentuk kelompok belajar bersama teman sebaya."Tidak harus ada di dalam kelas," bebernya kepada Malang Post.
Bukan hanya menginatruksikan sekolah untuk membentuk kelompok belajar, Dikbud Kota Malang juga menganggarkan dan khusus untuk persiapan try out. Setiap siswa nantinya akan mendapat dana pembinaan sebesar Rp. 24 Ribu. "Anggaran ini nantinya untuk konsumsi siswa," pungkasnya. (nin/eno)