UB dan BI Ikut Wujudkan Swasembada Daging

MALANG - Swasembada daging yang ditargetkan pemerintah pada 2014 melibatkan sejumlah perguruan tinggi. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (UB) dan Bank Indonesia (BI) Surabaya sepakat mewujudkan klaster Pembibitan Sapi Potong Lokal Nasional dalam MoU kerjasama.
Pembibitan itu ditempatkan di Desa Napis Kecamatan Tambak Rejo Kabupaten Bojonegoro. Setelah dua tahun berjalan, kemarin program tersebut dievaluasi bersama. ”UB membantu peternak untuk mewujudkan klaster peternakan terpadu, dengan harapan bisa menyukseskan program swasembada daging 2014,” ungkap Dosen Fakultas Peternakan UB, Prof Trinil Susilawati.
Ia menuturkan daerah Napis dipilih karena memiliki jenis sapi lokal yang kualitasnya bagus. Hanya saja masyarakat belum tahu bagaimana cara merawat dengan benar.
Trinil dan Kuswati MS sebelumnya bersama BI telah melakukan pembinaan dan pemberian bantuan selama dua tahun untuk KSU Lembu Seto. Di antaranya membentuk koperasi, sistem pembibitan, pemanfaatn pupuk organik dan keterampilan untuk meningkatkan penghasilan. Diharapakan tahun ini KSU tersebut bisa mandiri menjadi kawasan pembibitan sapi lokal yang yang secara mandiri menghasilkan bibit sapi lokal yang semakin punah.
Perwujudan ini merupakan keseriusan Fapet UB dengan BI Surabaya yang secara nyata mendukung pemerintah didalam swasembada Daging Sapi Nasional. Didalam mewujudkan program tersebut dibutuhkan dukungan pemerintah daerah Bojonegoro terutama dinas peternakan Bojonegoro, Dinas peternakan propinsi Jawa Timur serta kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan. (oci/eno)