STIKES Widyagama Husada Malang Gelar Wisuda ke 8

MALANG - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Widyagama Husada Malang (WHM) menggelar wisuda ke 8 lulusan program D3 Kebidanan dan S1 Kesehatan Lingkungan tahun akademik 20111/2012. Wisuda akan diikuti 140 wisudawan di Gedung Widya Graha, Sabtu (1/12) hari ini.
”Saya berharap ilmu yang diperoleh mahasiswa bisa dimanfaatkan untuk masyarakat dan mendukung program pemerintah mewujudkan Millennium Development Goals (MDGs),” ungkap Direktur STIKES WHM, Dra Laily Amie MMRS kepada Malang Post.
Dalam sambutannya, Laily Amie menyampaikan harapan kepada para lulusan agar ilmu yang diperoleh menjadi ilmu yang bermanfaat, barokah, sehingga dapat dipergunakan untuk kemaslahatan masyarakat terutama untuk kesehatan ibu, anak dan lingkungan. Karena dampaknya sangat besar bagi masyarakat dan bagi masa depan bangsa.
Ia berharap ke depan lembaga yang dipimpinnya bisa melahirkan program studi baru sehingga memermudah perubahan bentuk dari STIKES menjadi Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Widyagama Husada.
Saat ini lembaga ini telah menyelesaikan pembangunan asrama tahap dua bagi mahasiswa. STIKES WHM juga sedang melakukan pembangunan gedung perkantoran dan perkuliahan lengkap dengan fasilitas perpustakaan, rektorat dan auditorium, dibangun dengan empat lantai.
”Selain itu kita sedang memersiapkan pembangunan rumah sakit, supaya dapat memback up kegiatan perkuliahan dan praktikum bagi mahasiswa serta memberikan layanan kepada masyarakat luas,” bebernya.
Dalam wisuda kali ini panitia menghadirkan Dr Ririh Yudhastuti drh., M.Sc untuk memberikan orasi ilmiah. Sejumlah undangan yang akan hadir di antaranya jajaran pengurus Yayasan Pembina Pendidikan Indonesia YPPI Widyagama Malang, Kadinkes Jawa Timur (Jatim), Ketua IBI Jatim, Ketua HKLI Jatim, Ketua IBI Kota Malang, Kepala Puskesmas, Direktur Rumah Sakit, Rumah Bersalin dan pemilik BPS tempat mahasiswa praktik kerja lapangan.
Pada kesempatan yang sama ketua YPPI Widyagama Malang, Prof HA Mukthie Fadjar SH MS dalam sambutannya menyampaikan bahwa wisuda kali ini istimewa karena tiga hal. Pertama bersamaan dengan dies natalis X atau satu dasawarsa usia STIKES WHM, kedua Prodi Kesehatan Lingkungan memasuki usia lima tahun atau lustrum pertama, dan ketiga wisuda diselenggarakan di Gedung Widya Graha yang baru selesai dibangun oleh yayasan. (oci/sir/eno)

Laboratorium Kesling Dilengkapi Alkes Baru
MALANG - Program studi (Prodi) S1 Kesehatan Lingkungan (Kesling) STIKES Widyagama Husada Malang (WHM) melengkapi fasilitas laboratoriumnya dengan sejumlah alat kesehatan (alkes) terbaru. Dengan dana mandiri lembaga, sedikitnya dialokasikan dana sebesar Rp 300 Juta – Rp 500 Juta untuk membeli alat tersebut.
”Ada sekitar lima jenis alat dan 15 item yang dibeli dengan dana mandiri dari lembaga,” ungkap Wakil Direktur STIKES WHM, dr Rudi Joegijantoro kepada Malang Post.
Alkes yang dibeli di antaranya alat untuk memeriksa kualitas air, memeriksa kualitas tanah, unsur hara, mengukur kualitas udara, hingga penemaran suara. Alat-alat ini diharapkan bisa dipergunakan untuk menunjang kegiatan praktikum mahasiswa. Prodi Kesling juga sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta sejumlah lembaga terkait lingkungan lainnya.
Sejak berdiri pada 2007 lalu, Prodi S1 Kesling cukup diminati. Sampai saat ini sudah ada lima angkatan yang diterima dan dua angkatan sudah diwisisuda. Prodi S1 Kesling STIKES WHM saat ini sedang memroses status akreditasi kepada BAN PT. Dengan harapan bisa meraih prodi B. (oci/sir/eno)