Dapat Hibah, Tim UMC Berangkat ke Cina

MALANG - Universitas Ma Chung (UMC) mendapatkan hibah bantuan Fasilitasi Kerjasama Internasional (BFKSI) Perguruan Tinggi dari Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Hibah yang diberikan adalah untuk alih atau ambil kredit. Hibah ini memuluskan target UMC untuk menjalin kerjasama dengan luar negeri yang sudah dibangun sebelumnya, yakni dengan Jinan University, Guangzhou Cina.
”Kami memutuskan untuk memperdalam kerjasama dengan Cina karena sebelumnya kerjasama ini sudah berjalan dengan baik,” ungkap Koordinator Hubungan Internasional UMC, Gigih D Rosalinda. Kerjasama yang sudah berjalan dicontohkannya adalah keberadaan dosen bahasa Mandarin yang berasal dari Jinan dan sebaliknya banyak pula mahasiswa UMC yang melanjutkan studi ke Cina.
Sebagai realisasi dari hibah yang sudah diperoleh ini, tim UMC rencananya akan berangkat ke Cina pada 2 Desember mendatang. Kunjungan diagendakan akan dilaksanakan hingga 8 Desember. Tim yang ditunjuk terdiri dari Wakil Rektor 1 dan 2 UMC, Koordinator Hubungan Internasional, dan Dekan FEB yang akan berangkat ke Jinan. Kunjungan ini akan membicarakan lebih lanjut program kredit transfer yang akan diberlakukan pada prodi international business managemen pada Fakultas Ekonomi Bisnis UMC.
”Prodi International Business Management ini kami pandang paling siap untuk kami buka secara internasional,” ucap WR 2 UMC, Peter Y Pasla.
Rencananya selain akan berkunjung ke Cina, tim UMC juga akan singgah di Taiwan. Mereka akan mengunjungi national Taiwan University of Arts (NTUA) untuk membicarakan tindak lanjut kerjasama yang sudah dibangun sejak November 2012. Dimana saat itu perwakilan Thaiwan datang ke UMC bersama rombongan Indonesia Education Partnership dan delegasi perguruan tinggi di Amerika.
”Dengan sejumlah kerjasama international ini maka UMC semakin mantap melangkahkan kaki menuju internasionalisasi institusi,” pungkasnya. (oci/eno)