Kurikulum Baru FTP Diterapkan 2013 Mendatang

MALANG - Kurikulum keteknikan pertanian bagi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) se Indonesia dibedah di Malang akhir pekan lalu. Agenda itu dilakukan sekaligus untuk menyambut pemberlakukan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun mendatang.
Menurut Ketua Panitia Acara, Yusuf Hendrawan, penyeragaman kurikulum ini digelar dengan mendengarkan masukan dari para pakar dan praktisi di bidangnya. Target pertemuan di Malang ini bisa menghasilkan rekomendasi kurikulum baru yang akan diterapkan 2013 mendatang.
”Sesuai dengan acuan KKNI maka level S1 ada pada level 6, kompetensinya harus disamakan karena itu kami berkumpul untuk membicarakannya,” ungkap dosen Teknologi Pertanian UB ini.
Menurut Yusuf agenda pertemuan yang digelar di UB Hotel itu melibatkan seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang tak hanya dihadiri akademisi saja, tapi juga dilibatkan praktisi dan peneliti. Ia berharap, kedepan diharapkan semua program studi keteknikan pertanian mengacu pada kurikulum yang telah dibuat tersebut.
Sementara itu Ketua Umum Perhimpunan Keteknikan Pertanian (Perteta), Sam Herodian menuturkan pembangunan pertanian tidak boleh dilepaskan dari teknologi. Hanya saja selama ini pemerintah belum memberikan kesempatan kepada petani untuk melek teknologi.(oci/eno)