Berkat Dansa, Tania Raih Juara

MALANG- Tak banyak anak muda yang berminat pada dunia dansa. Namun salah satu siswa SMAK St. Albertus yakni Tania Christabella Tungka menjadi salah satu remaja yang berhasil menggeluti bidang ini. Bahkan siswa kelas 10 ini berhasil meraih juara 2 dalam Kompetisi Dansa Semarang Open pertengahan November lalu.
“Sejak kecil saya tertarik pada olah raga dansa, karena ibu saya juga menggeluti bidang ini dan pernah menjadi atlet dansa di Sea Games Manila,” ujarnya. Selain berlatih dengan guru dansa yang tak lain adalah ibunya sendiri, ia juga terus mengasah kemampuannya dengan latihan sendiri. Menurutnya, dengan berdansa, ia merasa tubuhnya lebih sehat karena berdansa membuat tubuhnya bergerak.
“Saya saat ini juga melatih dansa secara privat. Menyenangkan sekali bisa mendapat uang saku dengan usaha sendiri,” ungkap alumni SMPK St. Maria 2 ini. Meski siswa yang ia latih belum banyak, siswa yang biasa disapa Tania ini harus membagi waktunya dalam bidang akademik maupun dansa.
 “Siswa yang saya latih baru tiga orang, untuk bisa seimbang antara sekolah dan dansa harus bisa bagi-bagi waktu,” ungkapnya kepada Malang Post. Beberapa kejuaraan yang pernah ia raih tidak hanya tingkat nasional, tetapi juga tingkat internasional seperti Juara I Raffles Open Singapore 10th untuk kategori Crystal, Juara I kejuaraan dansa di Malaysia selama dua kali. Dalam mengikuti berbagai kejuaraan, Tania biasa menampilkan berbagai kategori seperti line dance, couple, dan solo dance.
Siswa yang ingin menggeluti bidang hukum ini berharap dapat terus meningkatkan prestasinya dalam bidang danca. “Saya berharap dengan memperbanyak latihan, prestasi saya dapat terus meningkat, tetapi juga tetap berprestasi dalam akademik,” pungkasnya.(nin/eno)