”Hore ! Bisa Main Angry Birds di Komputer !”

MALANG - Puluhan siswa SDN Wonokoyo 2 Kedungkandang tampak sumringah menerima kedatangan rombongan dari SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 4. Kedatangan mereka mengantar tiga unit komputer dan monitor untuk disumbangkan kepada sekolah di kawasan timur Kota Malang itu.
Seperti sekolah lainnya, SDN Wonokoyo 2 tak tampak berbeda. Bangunan dan fasilitasnya terlihat bagus. Namun siapa sangka, sekolah tersebut hanya memiliki 36 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Dalam setiap kelas jumlah muridnya tak sampai sepuluh orang.
“Kami memang punya komputer, tetapi hanya dua unit komputer yang digunakan untuk operasional sekolah. Kalau untuk siswa belum punya,” ujar Asnyoto, Kepala SDN Wonokoyo 2. Ia mengaku sangat bahagia mendapat bantuan komputer dari SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 4. “Kami menyambut gembira kepedulian SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 4 kepada sekolah kami. Semoga kemputer ini bisa memotivasi anak-anak agar rajin belajar,” katanya.
Sekolah yang berlokasi di Jalan Baran RT 2 RW 5 Desa Wonokoyo Kecamatan Kedungkandang ini sebenarnya memiliki fasilitas yang cukup bagus, hanya saja kesadaran masyarakatnya untuk bersekolah masih kurang.
“Setiap hari pengawas SD bergiliran hadir di SD kami untuk memotivasi siswa. Pihak Dikbud juga bergiliran datang ke sini,” beber Asnyoto kepada Malang Post. “Anak-anak bisa lulus SD dan melanjutkan ke SMP sudah cukup bagus,” ungkapnya. Pihak sekolah dan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang pun sudah berupaya keras untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pendidikan.
SMAN Tugu yang diwakili Kepala SMAN 3 H.M Sulthon menuturkan, kegiatan Baksos seperti ini baru pertama dilakukan. “Spontanitas saja, bersama Kepala SMAN 1 dan SMAN 4 untuk bisa membantu SDN Wonokoyo 2,” kata Sulthon. Dikatakannya kegiatan Bakti Sosial ini juga digelar sebagai HUT PGRI ke-67.
Pihaknya berharap dengan bantuan komputer ini, siswa SDN Wonokoyo tidak ketinggalan dengan sekolah lain yang memiliki fasilitas komputer terlebih dulu. “Bukan komputer baru, tetapi spesifikasi dan kondisinya masih cukup bagus,” katanya.
 “Hore, sebentar lagi bisa bermain Angry Bird di komputer,” celetuk salah seorang siswa SDN Wonokoyo 2. Siswa lainnya, Kiki Rizky mengaku senang dengan bantuan komputer yang baru saja didapatkan sekolahnya. “Senang sekali, bisa belajar komputer,” ungkapnya.(nin/eno)